9 Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal dengan Mudah

Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Rian Firmansyah
Ilustrasi HP. Berikut ini merupakan penjelasan soal cara menemukan ikon aplikasi yang hilang dalam HP Android serta iPhone.
Ilustrasi HP. Berikut ini merupakan penjelasan soal cara menemukan ikon aplikasi yang hilang dalam HP Android serta iPhone. /Pixabay/TuangArt7/

BANDUNG, PRFMNEWS - Kamu pernah mendapat panggilan atau SMS spam dari nomor tidak dikenal? Hati-hati dan jangan buru-buru diangkat atau dibalas. Bisa jadi pemilik nomor tersebut adalah sindikat penipuan yang melakukan misinya melalui telepon.

Terkadang, menjawab panggilan dari nomor yang tidak kita kenal bisa membuka pintu bagi malware atau virus untuk menginfeksi perangkat kita. Ini dapat merusak data dan privasi kita.

Meski penasaran menggebu-gebu, kamu tidak harus menjawab panggilan untuk mengetahui siapa pemilik nomor tersebut, lho. Pakai saja cara melacak nomor HP yang tidak dikenal berikut untuk mendeteksi kira-kira panggilan tersebut dari siapa.

Berikut beberapa cara melacak nomor ponsel yang tidak dikenal, baik melalui aplikasi maupun situs web yang terpercaya.

Baca Juga: Bandung Punya Jembatan ‘Glow in The Dark’ yang Jadi Ikon Baru di Kawasan Braga

1. Lewat aplikasi Truecaller

Truecaller adalah sebuah aplikasi dan situs yang berguna untuk mengidentifikasi dan mengecek nomor-nomor telepon yang tidak dikenal.

Selain hanya mengidentifikasi nomor anonim, Truecaller juga mampu menampilkan informasi pemilik nomor telepon, seperti nama, lokasi, dan provider.

Dalam aplikasi ini, riwayat panggilan dari nomor telepon yang tidak dikenal dapat ditemukan, baik itu nomor pribadi, spam, ancaman, atau penipuan.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub