Kemenhub Lanjutkan Uji Coba Autonomous Rail Transit di IKN Agar Beroperasi Baik pada 17 Agustus 2024

Penulis: Rifki Abdul Fahmi
Editor: Tim PRFM News
Teknisi asal China mengoperasikan rangkaian gerbong kereta otonom atau Autonomous Rail Rapid (ART) saat akan menjalani pengisian daya di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (9/8/2024). Kereta Otonom yang terdiri dari tiga gerbong dalam satu rangkaian tersebut mampu mengangkut sedikitnya 300 orang penumpang saat berlangsungnya peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang berfungsi sebagai pengumpan dan sebagai mobilitas di area Sumbu Barat, Sumbu Timur, dan sejumlah tempat lain di kawa
Teknisi asal China mengoperasikan rangkaian gerbong kereta otonom atau Autonomous Rail Rapid (ART) saat akan menjalani pengisian daya di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (9/8/2024). Kereta Otonom yang terdiri dari tiga gerbong dalam satu rangkaian tersebut mampu mengangkut sedikitnya 300 orang penumpang saat berlangsungnya peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang berfungsi sebagai pengumpan dan sebagai mobilitas di area Sumbu Barat, Sumbu Timur, dan sejumlah tempat lain di kawa /M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO

PRFMNEWS - Saat ini Kementerian Perhubungan terus melakukan uji coba operasional trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART), di Ibu Kota Nusantara (IKN).

ART yang merupakan kereta tanpa rel akan menjadi salah satu moda transportasi massal yang akan beroperasi di IKN dan akan digunakan pada upadata HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan, uji coba ART ini terus dimatangkan oleh pihaknya bersama tim dari CRRC Cina.

“Saya bersama tim dari CRRC Cina, melakukan uji coba ART pada hari ini dan dioperasikan dengan menggunakan marka. Kami sedang uji coba terus, agar pada tanggal 17 Agustus 2024 sudah dioperasikan dan dapat melayani dengan baik,” ujar Menhub.

Baca Juga: Jalan di IKN Mulai Rampung, Kemenhub Bakal Uji Coba Operasional ART di IKN Agustus Nanti

Saat ini, sudah terdapat satu rangkaian ART di IKN. Pada tahap awal, trem otonom tersebut akan berfungsi sebagai kendaraan pengumpan (feeder) bagi peserta upacara 17 Agustus nanti.

ART ini akan berjalan dengan kecepatan jelajah 40 km/jam di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur.

“Kemarin sudah ada gladi kotor. Saya lihat ART, menurut hemat saya tidak ada hal-hal khusus yang harus ditambahkan, jadi tinggal kita uji coba, memastikan listrik, lalu mengoperasikan,” tambah Menhub.

Baca Juga: Daftar 76 Calon Paskibraka dalam Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub