Ini Dia Makna Garuda di Istana IKN Kata Sang Perancang

Penulis: TIM PRFM
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan instalasi pedestrian dengan latar belakang Istana Negara dan Istana Garuda di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (9/8/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan instalasi pedestrian dengan latar belakang Istana Negara dan Istana Garuda di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (9/8/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. /

PRFMNEWS - Desain bangunan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini tengah ramai diperbincangkan. Istana ini didesain oleh seniman Nyoman Nuarta.

Terkait desain Istana Garuda IKN, seniman berdarah Bali itu menjelaskan jika makna dari desain Istana yang nampak memeluk itu mengandung filosofi untuk melindungi bangsa Indonesia.

Mengutip dari ANTARA, Nyoman tak menampik bahwa desain Istana Garuda yang nampak memeluk menggambarkan makna bahwa Burung Garuda sebagai Lambang Negara sedang melindungi bangsa Indonesia.

"Kalau Garuda ngedongak, sombong dong. Terserah lah itu image orang. Saya buat sayapnya itu memeluk seperti melindungi," kata Nyoman.

Baca Juga: Warna Patung Garuda Istana IKN Akan Berubah Mirip GWK, Kepala Burung Hadap Depan Punya Makna Filosofis

Nyoman bukanlah orang baru di dunia desain. Pria yang memiliki galeri di Kota Bandung ini merupakan desainer atau perancang dari Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

Nyoman menekankan bahwa lokasi Istana Garuda di IKN dibangun di atas bukit. Karenanya dia tidak mengizinkan pembongkaran bukit untuk menjaga keaslian alam.

"Kan itu di bukit tuh. Tadinya memang di bukit. Itu saya nggak bongkar, saya nggak memperbolehkan untuk membongkar (bukitnya)," ujarnya lagi.

Istana Garuda di IKN memiliki tinggi 44 meter dari jalan dan 88 meter dari permukaan laut. Secara keseluruhan, ketinggian dari istana ini mencapai 70 meter dari puncak bangunan Garuda.

Halaman:

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub