Waspada! Rekrutmen Pegawai KAI Jadi Modus Penipuan, Target Korban Dikirim Undangan

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Undangan rekrutmen KAI yang merupakan penipuan.
Undangan rekrutmen KAI yang merupakan penipuan. /PT KAI/

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali ingatkan masyarakat mewaspadai segala bentuk penipuan modus rekrutmen calon karyawan di salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan perkeretaapian tersebut.

Modus penipuan rekrutmen KAI baru-baru ini terjadi dalam bentuk pelaku mengirimkan surat undangan palsu atau hoaks terkait panggilan seleksi bagi calon karyawan KAI.

Surat undangan seleksi menjadi calon pegawai KAI yang beredar pada 10 Agustus 2024 di Jakarta ini ditegaskan manajemen merupakan hoaks dan bukan surat resmi yang berasal dari pihak perusahaan.

“Kami menyayangkan aksi tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan rekrutmen KAI. Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen ataupun undangan melakukan seleksi dengan persyaratan tambahan seperti penyediaan akomodasi dan transportasi,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan resminya, Minggu 11 Agustus 2024.

Baca Juga: KAI Beri Diskon 50 Persen untuk Pembelian Tiket Semua Kelas Kereta pada Agustus 2024

Anne menegaskan, KAI tidak pernah membuat surat undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta menggunakan hotel dan transportasi tertentu yang telah disediakan.

“Semua informasi rekrutmen KAI sepenuhnya menggunakan website resmi dengan alamat e-recruitment.kai.id dan media sosial resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121. Jika menemukan info rekrutmen yang tidak bersumber dari situs tersebut, agar masyarakat dapat mengabaikannya,” tegas dia.

Anne menambahkan, KAI tidak pernah melakukan proses rekrutmen melalui surat menyurat, baik mengirimkan berkas yang dititipkan melalui seseorang ataupun melalui email.

Di samping itu, imbuhnya, KAI tidak memungut biaya apapun dari pelamar, serta tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan dalam proses seleksi pekerja.

Baca Juga: Promo KAI HUT RI, Ada Diskon Beli Tiket 30 Kereta Api ini Cuma Bayar 79 Persen pada Agustus 2024

“Jika menemukan informasi yang meragukan, masyarakat dapat segera menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121 untuk mendapatkan informasi resmi tentang KAI,” tutup Anne.***


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub