Mendalami Makna Tema HUT RI Ke- 79 ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’

Penulis: TIM PRFM
Editor: Indra Kurniawan
Pemerintah resmi meluncurkan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia 2024 “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” dipilih untuk menggambarkan transisi yang terjadi di 2024 yaitu kepindahan Ibu Kota Negara dan pergantian kepemimpinan bangsa
Pemerintah resmi meluncurkan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia 2024 “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” dipilih untuk menggambarkan transisi yang terjadi di 2024 yaitu kepindahan Ibu Kota Negara dan pergantian kepemimpinan bangsa /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Dok Indonesia.go.id

BANDUNG, PRFMNEWS - Tahun 2024 menandai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-79.

Momen ini tidak hanya sekadar perayaan kemerdekaan, tetapi juga menjadi waktu untuk merefleksikan perjalanan bangsa, pencapaian, tantangan, serta harapan ke depan.

Perayaan HUT RI ke-79 dirayakan dengan berbagai kegiatan yang mengedepankan semangat persatuan dan kebangsaan.

Tema dan makna perayaan HUT RI Ke- 79 ini mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" Tema ini sengaja dipilih untuk merepresentasikan momen transisi penting yang tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia. Bukan hanya sekadar memperingati hari kemerdekaan, namun juga menegaskan arah dan langkah strategis Indonesia dalam menyongsong masa depan.

HUT RI ke-79 menjadi sangat istimewa karena bertepatan dengan tiga peristiwa penting, yaitu:

Penyambutan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur
Pergantian tongkat estafet kepemimpinan presiden
Persiapan menuju visi Indonesia Emas 2045

Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” menyiratkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan. Dalam perjuangan baru ini, bangsa Indonesia tetap berprinsip pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya.

Menyongsong Ibu Kota Baru Nusantara

Perpindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi salah satu fokus utama dalam peringatan HUT ke-79 RI. Ibu kota baru yang diberi nama Ibukota Nusantara (IKN) ini tak hanya sekadar pemindahan pusat pemerintahan, namun juga simbol perubahan untuk meratakan pembangunan dan memajukan daerah di luar Pulau Jawa.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub