Sarat Makna Filosofis, Patung Robot Raksasa ‘Green Hercules’ di Kampus ITB Dibangun dari Barang Bekas

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Green Hercules: Simbol keberlanjutan di ITB, terbuat dari 600 bagian daur ulang yang mengajak kita melindungi bumi
Green Hercules: Simbol keberlanjutan di ITB, terbuat dari 600 bagian daur ulang yang mengajak kita melindungi bumi /itb.ac.id

PRFMNEWS – Patung robot "Green Hercules" setinggi hampir 7 meter berdiri tegak di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Bahan yang digunakan untuk membuat patung robot raksasa ini berasal dari berbagai bahan bekas yang didaur ulang.

Patung dari bahan barang bekas hasil daur ulang ini membawa pesan tersendiri sekaligus simbol keberlanjutan lingkungan. Pembuatan Patung Green Hercules ini hasil dari kerja sama riset antara ITB dan perusahaan daur ulang logam terkemuka di China dan dunia, GEM Co., Ltd.

Spesifikasi Patung Green Hercules di Kampus ITB Jatinangor ini memiliki tinggi 6,9 meter, diameter dasar 3,9 meter, dan berat 7,8 ton. Lama proses pembuatan patung raksasa dari bahan-bahan daur ulang ini memakan waktu selama satu bulan.

Bahan atau material patung tersebut terbuat dari 600 lebih bagian dari mobil bekas dan besi tua yang dikumpulkan dan dibuat di Morowali, Sulawesi Tengah. Pembuatan patung dari material daur ulang ini setara dengan mengurangi emisi CO2 hingga 11,25 ton apabila dibuat dengan material baru.

Baca Juga: Legenda Sunda 'Sasakala Sangkuriang' Bandung Terisyarat Benar Ada, Guru Besar ITB Ungkap Bukti-buktinya

Desain patung raksasa di Kampus ITB Jatinangor ini memiliki makna atau arti filosofis tersendiri. GEM Joint Laboratory Secretary-General, Tegar Mukti Aji, mengungkapkan konsep Green Hercules ini terinspirasi dari film "The Wandering Earth".

Patung ini berdiri tegak membawa bumi di pundak kirinya, menggenggam sampah di tangan kanannya, dan menatap langit berbintang, yang memiliki makna membangkitkan umat manusia untuk melindungi bumi dengan "menambang urban mining dan mengembangkan energi baru".

“Makna dari kata Hercules adalah penjaga dan pembangunan energi hijau di bumi. Green Hercules dirancang secara kreatif oleh GEM Co., Ltd., yang sejalan dengan tujuannya selama ini untuk mengubah sampah--yang jika dibiarkan akan membahayakan--menjadi sumber daya baru dan ramah untuk bumi," kata Tegar dalam keterangan tertulis di laman resmi ITB, dikutip Rabu 7 Agustus 2024.

Selain di ITB, patung ini berada di beberapa lokasi lain seperti di Jingmen, Wuhan, Wuxi, dan Shenzhen. Hal ini beririsan dengan GEM yang merupakan 10 perusahaan Tiongkok teratas yang sejalan dengan tujuan PBB mengenai keberlanjutan.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub