Ada Perbedaan, Ini Keistimewaan Acara HUT ke-79 RI 2024 Dibandingkan Agenda Tahun Sebelumnya

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
HUT RI Tahun 2024, Rangkaian Peringatan Kemerdekaan yang Paling Istimewa
HUT RI Tahun 2024, Rangkaian Peringatan Kemerdekaan yang Paling Istimewa /Dok. Kementerian Sekretariat Negara

PRFMNEWS – Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah mengumumkan rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang berlangsung selama bulan Agustus 2024.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan ada beberapa perbedaan agenda acara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada tahun 2024 dengan penyelenggaraan pada tahun sebelumnya sehingga diklaim lebih istimewa.

Salah satu keistimewaan yang menjadi perbedaan agenda acara HUT ke-79 RI dengan tahun 2023, kata Mensesneg Pratikno, adalah lokasi penyelenggaraan serangkaian acara bakal diadakan di 2 (dua) titik yakni Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Baca Juga: Medali Emas Pertama untuk Kontingen Indonesia, Intip Profil Veddriq Leonardo Si ‘Spiderman’ dari Pontianak

“Tema tahun ini adalah ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’ yang mencerminkan transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara serta peralihan untuk keberlanjutan menuju pemerintahan yang baru nanti,” ujar Pratikno dalam keterangan tertulis di laman resmi Kemensetneg, dikutip Kamis 8 Agustus 2024.

Perbedaan selanjutnya adanya agenda acara pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di IKN, sementara Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Keistimewaan tahun ini, lanjutnya, juga mencakup Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang akan dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Taman Kusuma Bangsa IKN oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: 3 Event Lari Bikin Bandung Lautan Runners Weekend ini, Ada Rute Keliling Sampai Lembang

Selain itu, akan dilakukan pula prosesi kirab bendera pusaka Merah Putih dari Monas menuju IKN dengan penerbangan melalui Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

"Nah, upacaranya, tata upacara militer. itu dilaksanakan di IKN dengan Inspektur Upacara Bapak Presiden, sedangkan upacara di Istana Merdeka, Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN," terangnya.

Menteri PUPR sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, menjelaskan akses ke IKN dan kesiapan infrastruktur untuk penyelenggaraan kegiatan HUT ke-79 RI seperti jalan tol dan alternatif akses ke IKN sudah siap dilalui, dan Istana Garuda di IKN juga telah siap menyambut para tamu.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub