PKS Disebut akan Tinggalkan Anies di Pilgub Jakarta, Buka Kans jadi Cawagub Ridwan Kamil

Editor: Indra Kurniawan
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab pertanyaan wartawan pada penutupan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) DPP Partai Perindo di Jakarta, Rabu (31/7/2024). Partai Perindo mengundang Anies Baswedan untuk menjadi pembicara dalam penutupan Mukernas DPP Partai Perindo.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab pertanyaan wartawan pada penutupan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) DPP Partai Perindo di Jakarta, Rabu (31/7/2024). Partai Perindo mengundang Anies Baswedan untuk menjadi pembicara dalam penutupan Mukernas DPP Partai Perindo. /ANTARA/BAYU PRATAMA

BANDUNG, PRFMNEWS - Sebelumnya Parta Keadilan Sejahtera (PKS) telah mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan - Sohibul Iman di Pilgub Jakarta pada Juni 2024 lalu.

Namun saat ini PKS telah melewati batas waktu 40 hari kepada Anies Baswedan untuk mencari dukungan dari partai lain.

Perlu diketahui jika partai politik atau koalisi parpol membutuhkan 22 kursi di DPRD untuk dapat mencalonkan pasangan calon di Pilgub Jakarta.

Baca Juga: Viral! Pemilik Kost di Semarang yang Doyan Makan Kucing Pernah Ngaku Sebagai Imam Mahdi

Berdasarkan perhitungan sementara, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Ridwan Kamil memiliki jumlah 50 kursi di DPRD. Jauh melebihi syarat pencalonan minimal.

Sedangkan PKS yang memiliki jumlah kursi DPRD terbanyak di Jakarta memiliki 18 kursi saja.

5 partai lainnya yaitu PDIP (15 kursi), PKB (10 kursi), NasDem (11 kursi), PPP (1 kursi), dan Perindo (1 kursi), dengan total 38 belum memberikan keputusan, apakah akan bergabung dengan KIM yang mengusung Ridwan Kamil atau PKS yang mengusung Anies Baswedan.

Akibat kondisi tersebut, PKS diduga kuat tengah membuka peluang meninggalkan Anies dan bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang mengusung Ridwan Kamil.

Baca Juga: Peran Hendra Kurniawan dalam Kasus Ferdy Sambo yang Kini Telah Dibebaskan Tanpa Bersyarat

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub