Warna Patung Garuda Istana IKN Akan Berubah Mirip GWK, Kepala Burung Hadap Depan Punya Makna Filosofis

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Asep Yusuf Anshori
Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. /Pikiran Rakyat

BANDUNG, PRFMNEWS – Warna patung garuda raksasa yang menyelimuti Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) belakangan menjadi sorotan publik karena dinilai memiliki warna gelap. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun merespons hal tersebut.

Menteri PUPR mengatakan warna patung garuda raksasa dengan kepala burung menghadap ke arah depan yang menyelimuti Istana IKN nantinya akan berubah warna seiring berjalannya waktu dan terlihat seperti warna Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali.

Perubahan warna patung garuda raksasa di Istana IKN dari gelap hingga kehijauan mengkilap seperti penampakan Patung GWK di Bali, kata Basuki, akan terjadi melalui proses oksidasi yang membutuhkan waktu.

Baca Juga: Sungguh Menarik! PNS Pindah ke IKN Diusulkan Dapat Insentif Hingga 100 Juta, Ternyata Ini Alasannya

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat patung garuda raksasa di Istana IKN sehingga dapat teroksidasi yang berujung berubah warna tak lagi tampak hitam namun menjadi kehijauan mirip patung GWK adalah perunggu.

"Kalau menurut Pak Nyoman Nuarta (pembuat desain patung garuda di Istana IKN), itu kalau nanti kena oksidasi itu jadi hijau seperti GWK," kata Basuki di Jakarta, Selasa 6 Agustus 2024, dikutip dari ANTARA.

Sementara itu, Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimudin mengungkapkan makna filosofis di balik kepala patung burung garuda di Istana IKN yang menghadap ke depan.

Baca Juga: Pemerintah Sewa 1000 Mobil untuk Seremonial HUT RI ke-79 di IKN, Wow! Carter Alphard Rp25 Juta Sehari

Alimudin menuturkan lambang kepala patung burung garuda menghadap ke depan memiliki arti filosofis berupa pembuktian bahwa pembangunan IKN merupakan bentuk Indonesia sentris.

Halaman:

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub