1.000 Mobil Disewa Istana untuk Tamu VVIP pada HUT ke-79 RI di IKN

Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan hampir rampung dibangun.
Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan hampir rampung dibangun. /Kemenparekraf.go.id

PRFMNEWS - Untuk merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024, di Ibu Kota Nusantara (IKN) pemerintah mempersiapkan 1.000 unit kendaraan untuk mengangkut tamu VVIP.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur Damun Kiswanto mengatakan jika Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyewa sedikitnya 1.000 unit kendaraan roda empat.

Hal tersebut dilakukan demi memenuhi kebutuhan pergerakan tamu negara dan VVIP pada perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

"Kami dan Kemensetneg telah menandatangani nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan," ungkap Damun dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Wamen ATR/Waka BPN Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Pulau Balang, Akses Balikpapan-IKN Kini 1,5 Jam

Ia juga menuturkan bahwa pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Sekretariat Presiden (Setpres) Kementerian Sekretariat Negara untuk mobilitas para tamu negara dan VVIP.

"Dari MoU tersebut, ada permintaan sebanyak 1.000 unit dan telah dibayarkan uang muka sebesar 50 persen dari nilai kontrak," ungkapnya.

Tetapi untuk memenuhi permintaan Kemensetneg, DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah karena keterbatasan unit mobil rental di wilayah itu

Pihak Asperda melakukan koordinasi dengan DPP Asperda Indonesia, yang menghasilkan dukungan berupa sejumlah unit kendaraan yang akan dikirimkan ke Kaltim.

Halaman:

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub