Gandeng Agen Travel, Pemprov Jabar Siapkan Bandara Kertajati Jadi Pusat Penerbangan Umrah di Indonesia

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati /BIJB/

PRFMNEWS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berupaya mewujudkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, sebagai pusat penerbangan umrah nasional. Untuk mewujudkannya, Pemprov Jabar menjajaki kerja sama dengan sejumlah asosiasi dan perusahaan penyedia layanan perjalanan (travel) umrah dan haji.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin mengungkapkan penjajakan awal untuk mewujudkan BIJB Kertajati sebagai pusat penerbangan umrah di Indonesia selain penerbangan komersil lain dilakukan pihaknya dengan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh RI (Amphuri).

"Kami tidak mau nanggung, ingin menjadi bandara nasional, dengan harapan nanti tiketnya lebih murah karena menjadi bandara hub. Kami optimistis, dengan beberapa fasilitas dan infrastruktur juga sudah mendukung, bahkan Menteri Perhubungan sudah mendukung BIJB sebagai pusat penerbangan umrah," kata Bey di Bandung, Rabu 31 Juli 2024.

Baca Juga: Siap Jadi Cagub Atau Cawagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum: Rindu Jilid 2 Kenapa Tidak?

Bey meminta Komisaris Utama (Komut) BIJB Dedi Taufik mengundang Amphuri dan asosiasi serupa untuk meninjau langsung Bandara Kertajati dan meminta yang bersangkutan menjaga momentum positif embarkasi dan debarkasi jamaah haji beberapa waktu lalu yang berjalan baik.

"Saya harap ada kunjungan ke Bandara Kertajati, nanti komut Pak Dedi Taufik untuk mendampingi atau bahkan kalau bapak ibu mau kontrak buat counter di sana, kami persilakan nanti langsung karena saya yakin tidak akan mengecewakan. Jadi kami bayangkan, dari seluruh Indonesia, Makassar, Medan, ke Kertajati dulu untuk transit dan baru berangkat umrah atau haji," ucapnya.

Sementara itu, Dedi Taufik mengaku siap melaksanakan tugas yang diberikan dan akan dilakukan selaras dengan upaya penambahan rute hingga pengurangan harga avtur untuk pesawat. Ia yang juga Kepala Badan Pendapatan (Bapenda) Jabar menyatakan sebelumnya juga sudah melakukan pertemuan dengan beberapa agen travel lain.

Baca Juga: Isi Aturan Larangan Jual Rokok Eceran, Iklan dan Lokasi Penjualan hingga Gambar-Tulisan Kemasan Rokok Terbaru

"Sebelumnya memang kami menargetkan segmen penerbangan umrah ditingkatkan. Potensinya terbuka. Dalam waktu dekat kami akan mengundang lagi Amphuri ke BIJB, beberapa hari lalu kami memfasilitasi gathering penyelenggara travel umrah dan haji dari asosiasi Garpuh, kami juga sudah bertemu dengan sejumlah agen travel. Ini akan terus berlanjut," ujar dia.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub