Usai Eskalator, Stasiun Pasar Senen Akan Punya Fasilitas Baru Lain Guna Manjakan Penumpang KA

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Suasana Stasiun Pasar Senen Jakarta, 2024
Suasana Stasiun Pasar Senen Jakarta, 2024 /PT KAI

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia atau KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta berencana menambah fasilitas baru untuk meningkatkan kenyamanan penumpang kereta api (KA) yang naik dan turun di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Penambahan fasilitas baru lain di Stasiun Pasar Senen ini menyusul eskalator yang lebih dulu dibangun dan kini masih dalam proses pengerjaan. Rencana pengadaan fasilitas tambahan terbaru setelah eskalator di area Stasiun Pasar Senen disampaikan Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko.

Ixfan mengatakan fasilitas tambahan terbaru yang akan dihadirkan demi memberi kenyamanan ekstra bagi penumpang KA di area Stasiun Pasar Senen adalah air conditioner (AC) atau pendingin ruangan. Penambahan AC ini direncanakan dihadirkan di area Hall Stasiun Pasar Senen.

Ia menjelaskan kondisi Hall Stasiun Pasar Senen selama ini terbuka dan sebagian berdinding kaca. Sebagai penyejuk, ada fasilitas pendingin fan/kipas angin yang tersedia di beberapa sudut hall. Sehingga dari hasil evaluasi pelayanan fasilitas penumpang, diputuskanlah untuk ada penambahan AC di area hall.

Mengingat pertumbuhan penumpang KA dari tahun ke tahun menunjukkan tren yang positif. Terlebih pelanggan di Stasiun Pasar Senen, ujarnya, terus mengalami peningkatan, apalagi saat masa angkutan Lebaran, Natal, dan tahun baru serta libur panjang sekolah.

"Pada satu waktu, Stasiun Pasar Senen melayani lebih dari 27 ribu pelanggan per hari yang berangkat. Hal tersebut harus menjadi perhatian kami agar pelanggan yang menggunakan jasa kereta api terlayani dengan nyaman," ujar Ixfan.

Sebelumnya, kata dia, KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan pekerjaan pemasangan eskalator tahap 1 di Stasiun Pasar Senen mulai 6 Mei 2024 yang diperkirakan akan terselesaikan selama 70 hari kalender.

"Dengan adanya pekerjaan peningkatan fasilitas tersebut, tentu akan mengganggu kenyamanan bagi pelanggan yang akan berangkat. Maka kami, KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf selama pekerjaan tersebut berlangsung," sebut Ixfan.

"Untuk pekerjaan pemasangan eskalator, rencana jika tidak ada kendala akan terselesaikan pada 24 November 2024," imbuhnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub