Buntut Wisatawan Tewas, Wahana Banana Boat di Pantai Pasir Putih Dihentikan Pemkab Trenggalek

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi banana boat. Peristiwa Tragis dari Pantai Karanggongso: Wisatawan Meninggal Setelah Bermain Banana Boat
Ilustrasi banana boat. Peristiwa Tragis dari Pantai Karanggongso: Wisatawan Meninggal Setelah Bermain Banana Boat /Sumber foto: Instagram @the_breasties

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur (Jatim), menghentikan sementara wahana wisata banana boat di Pantai Karanggongso yang dikenal pula sebagai Pantai Pasir Putih di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo.

Penghentian sementara operasional banana boat di Pantai Pasir Putih ini dilakukan pasca kejadian wisatawan pria asal Kabupaten Blitar, Jatim, jatuh dan meninggal dunia akibat serangan jantung usai atraksi menunggangi wahana wisata air ini.

Alasan wahana wisata banana boat tersebut dihentikan sementara karena akan dilakukan pembinaan pengelolaan terlebih dahulu oleh Pemkab Trenggalek, utamanya terkait penyeleksian calon pengguna wahana.

Baca Juga: Dikabarkan Bakal Tutup Tahun Ini, Peserta Didik SDN Putraco Bandung Terancam Terlantar

"Untuk operasional dihentikan sementara waktu dalam rangka briefing (arahan). Utamanya soal skrining calon penumpang," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, Kamis 4 Juli 2024, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Sunyoto menjelaskan tahapan skrining calon penumpang dinilai penting. Hal ini guna memastikan penumpang banana boat tidak memiliki riwayat gangguan kesehatan yang membahayakan dirinya ketika ikut beratraksi.

Sehingga kejadian wisatawan asal Blitar yang diketahui memiliki riwayat stroke mengalami serangan jantung hingga akhirnya meninggal dunia usai atraksi banana boat itu tak kembali terulang.

Baca Juga: Wisata Uji Nyali di Wahana Horor Jembatan Angker Hadir di Bandung hingga 28 Juli

"Kalau SOP sudah dilakukan seperti misalnya pakai pelampung dan sebagaimana. Hanya saja yang bersangkutan ternyata memiliki riwayat penyakit sehingga yang seharusnya tidak berbahaya bagi orang lain bisa menjadi membahayakan," tuturnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub