Ini 5 Fakta Seputar Asesmen Nasional yang Menggantikan UN 2021

- 12 Oktober 2020, 15:05 WIB
Ilustrasi pendidikan Indonesia.
Ilustrasi pendidikan Indonesia. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Pemerintah akan menghapus Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) pada tahun 2021. Hal ini disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim pada Sabtu 10 Oktober 2020.

Asesmen Nasional akan diterapkan bagi semua tingkat pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga menengah. Berikut fakta-fakta yang PRFM rangkum seputar Asesmen Nasional.

1. Asesmen Nasional tidak menilai siswa secara individu

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, Asesmen Nasional yang dirancang tidak hanya sebagai pengganti ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional tetapi sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

Perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

2. Mencakup tiga aspek penilaian

Asesmen Nasional, terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Kompetensi Minimun dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.

Baca Juga: Cara Daftar Agar UKM Dapat Bantuan Rp31 Juta dari Facebook, Pendaftaran Dibuka Sampai 19 Oktober

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x