UN 2021 diganti AN, Pengamat Pendidikan Mewanti-wanti Nadiem Makarim Soal Ini

- 12 Oktober 2020, 13:55 WIB
Ilustrasi Pendidikan.*
Ilustrasi Pendidikan.* /PRFM

PRFMNEWS - Pengamat Pendidikan, Irianto menyambut baik keputusan Mendikbud Nadiem Makarim yang mengganti UN 2021 menjadi Asesmen Nasional. Namun ia memberi catatan yang perlu diperhatikan Mendikbud.

Ia mewanti-wanti agar sebelum dilaksanakan kepada siswa, setiap guru harus benar-benar memahami apa yang dimaksud Asesmen Nasional ini.

Jangan sampai seperti proses belajar daring (online) yang nyatanya masih banyak guru gelagapan dan akhirnya hanya memberi tugas-tugas kepada siswa. Padahal substansi dari pembelajaran online bukan seperti itu.

Baca Juga: UN 2021 Diganti Asesmen Nasional, Siswa Tidak Perlu Ikut Bimbel Lagi

"Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Mas Nadiem. Pertama, apakah guru sudah mengerti asesmen ini, jangan-jangan guru pun belum mengerti dengan asesmen ini," ujarnya saat On Air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Minggu 11 Oktober 2020.

Menurut Irianto, bagaimana mungkin guru dapat menilai dengan baik para siswanya, jika gurunya sendiri belum memahami betul. Lalu apakah siswanya pun sudah terbiasa dengan pola-pola asesmen nanti, itu harus benar-benar dipahami lebih dahulu oleh guru.

Jadi dengan waktu yang masih ada ini harus digunakan semaksimal
mungkin oleh Kemendikbud untuk mencerdaskan guru-gurunya dulu. Kalau sudah cerdas dan paham, baru ada sosialisasi dari guru kepada muridnya, sehingga pelaksanaan dapat berjalan baik," jelasnya.

Baca Juga: Komplotan Ini Berhasil Cetak dan Edarkan Uang Palsu Sebesar Rp1 Miliar Setiap Bulan

Namun apabila seandainya pelaksanaan Asesmen Nasional itu tidak berjalan baik, maka Irianto mengingatkan Mendikbud harus punya opsi lainnya.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x