UN 2021 Diganti Asesmen Nasional, Siswa Tidak Perlu Ikut Bimbel Lagi

- 12 Oktober 2020, 13:11 WIB
Seorang pelajar SMA di Jabar sedang mengikuti pembelajaran jarak jauh.***
Seorang pelajar SMA di Jabar sedang mengikuti pembelajaran jarak jauh.*** /Dok Dinas Pendidikan Jabar.

PRFMNEWS - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan resmi mengganti UN 2021 menjadi Asesmen Nasional (AN). Tujuannya adalah memetakan kondisi riil mutu pendidikan Indonesia.

Orang tua dan siswa diminta tidak khawatir yang malah menambah beban psikologis karena perubahan kebijakan ini. Bahkan siswa tidak perlu mengikuti les belajar atau bimbel tambahan yang hanya membuat anak stres.

"Tidak perlu ada bimbel-bimbel, justru itu akan membuat stres orangtua dan siswa. Jadi biarkanlah dilaksanakan secara alamiah," ujar Widyaiswara Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat, Idris Apandi saat On Air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Minggu 11 Oktober 2020.

Baca Juga: Mendikbud Resmi Ganti UN 2021 Menjadi AN, Apa Maksudnya?

Idris menuturkan, dengan menghadirkan Asesmen Nasional, pemerintah ingin sekali mendapatkan data seaktual dan selengkap mungkin di lapangan. Sehingga sekolah tidak usah membuat pola pembelajaran yang mengada-mengada.

Selain itu, Asesmen Nasional ini juga tidak memengaruhi terhadap citra dan pemeringkatan sekolah, apalagi soal gengsi sekolah.

"Justru pemerintah melalui kegiatan ini berharap mendapatkan data yang seaktual mungkin, sekomplet mungkin dan hasilnya dijadikan dasar untuk meningkatan mutu pendidikan," jelasnya.

Baca Juga: Komplotan Ini Berhasil Cetak dan Edarkan Uang Palsu Sebesar Rp1 Miliar Setiap Bulan

Disinggung soal tantangan dan tanggung jawab guru dengan perubahan kebijakan ini, Idris menuturkan guru sebaiknya tetap melakukan tugas dengan baik, tidak perlu dibuat-buat.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x