Aceh dan Sumatera Utara Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024

- 8 Oktober 2020, 17:41 WIB
Menpora RI Zainudin Amali.
Menpora RI Zainudin Amali. /Dok. Humas Kemenpora

PRFMNEWS - Menpora RI Zainudin Amali menyambut baik semangat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk mempersiapkan Aceh menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 bersama Sumatera Utara. 

Menpora RI mengatakan bahwa, untuk Surat Keputusan (SK) Menpora tentang penetapan dua provinsi tersebut (Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara) sebagai tuan rumah PON XXI tahun 2024, Kemenpora RI masih dalam proses koordinasi bersama KONI. 

Untuk pelaksanaan PON dua wilayah memang sudah tertuang pada PP Nomor 7 tahun 2020 (Pasal 12 ayat 2) yang berisi tentang calon tuan rumah pelaksanaan PON dapat dilaksanakan satu pemerintah provinsi atau gabungan pemerintah provinsi.

Baca Juga: Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Capai Rp318,5 Triliun 

"Mengenai SK PON XXI tahun 2024 kami masih akan terus berkoordiansi dengan KONI, dan saya menyambut baik dengan semangat Pak Gubernur yang sudah mempersiapkan Aceh sebagai tuan rumah PON 2024 nanti," kata Menpora RI. 

Menpora RI juga akan meminta KONI Pusat untuk secepatnya segara mengajukan kepada kita tentang perencanaan dan persiapan tuan rumah PON 2024. "Kalau KONI sudah siap kami akan segera mengeluarkan SK. Saya juga meminta untuk tetapkan satu orang untuk berkomunikasi. Agar kita bisa cepat prosesenya," ujarnya 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengucapkan terima kasih kepada Menpora RI yang sudah menerimanya untuk membahas masalah PON XXI tahun 2024 nanti. "Terima kasih Pak Menteri yang sudah menerima kami untuk membahas PON XXI tahun 2024. Aceh yang ditunjuk sebagai tuan rumah ingin mempersiapkanya dengan baik, termasuk mengenai anggaran yang akan kami tentukan tahun 2021. Oleh karenanya kita ingin SK tersebut bisa keluar," katanya.

Baca Juga: Polisi sebut Massa Buruh dari Cimahi Sudah Kembali, Lalu Lintas Kembali Lancar

Sementara Sekum KONI Aceh M. Nasir juga menyampaikan bahwa pasca Aceh-Sumut memenangkan bidding PON tahun 2018 lalu, kedua daerah tersebut terus berkoordinasi mulai penyelenggaraan hingga penentuan cabang olahraga yang dipertandingkan. Bahkan keduanya telah menyelenggarakan  Rapat Sekretariat Bersama (Sekber) yang dihadiri unsur KONI Aceh, Pemerintah Aceh, KONI Sumtera Utara dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, pada Jumat (25/9/2020) di Banda Aceh.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x