Menkominfo Tegaskan Starlink Tetap Wajib Patuhi Aturan Telekomunikasi yang Berlaku di Indonesia

- 24 Mei 2024, 10:30 WIB
Peresmian penggunaan Starlink di Indonesia.
Peresmian penggunaan Starlink di Indonesia. /Kemenkes/

PRFMNEWS - Layanan internet Starlink milik Elon Musk secara resmi mulai beroperasi di Indonesia dan sudah mulai digunakan oleh sebagian masyarakat, khususnya di wilayah pelosok.

Terkait dengan beroperasi starlink di Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menegaskan pihaknya akan tetap melakukan pengawasan terhadap starlink ini agar tetap mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia.

Menurut dia, Kominfo akan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap seluruh penyelenggara layanan telekomunikasi di Indonesia, termasuk Starlink.

"Kominfo akan terus melakukan pengawasan dan pengendalian dengan melakukan evaluasi secara berkala dan berkesinambungan terhadap seluruh penyelenggara telekomunikasi termasuk PT Starlink di Indonesia," ujar Budi dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Puskesmas di Indonesia Mulai Dipasangi Internet Starlink, Ini Kata Menkes dan Elon Musk

Dipastikan Budi bahwa semua penyelenggara harus mematuhi pengaturan tersebut beserta regulasi turunannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

Karena itu Budi memastikan Starlink wajib patuh dan tunduk dengan aturan telekomunikasi yang berlaku.

“PT Starlink Indonesia wajib memenuhi kewajiban selaku penyelenggara jaringan telekomunikasi sesuai ijin penyelenggaraan telekomunikasi yang ditetapkan,” tandasnya.

Menurut dia, sebagai penyelenggara layanan telekomunikasi juga perlu menyiapkan interoperabilitas serta layanan dan akses pengaduan konsumen serta jaminan pelindungan data pribadi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah