Menteri Koperasi dan UMKM Sebut Penyaluran BLT Bagi UMKM Sudah Capai 100 Persen

- 7 Oktober 2020, 20:47 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. /HUMAS KEMENKOP UKM/

PRFMNEWS - Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha mikro sudah tersalurkan 100 persen atau kepada 9 juta penerima. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, Rabu 7 Oktober 2020, di Kantor Presiden, Jakarta.

“Kurang dari 2 bulan sejak diluncurkan, program Bantuan Presiden Produktif untuk usaha mikro, per 6 Oktober (2020) sudah 100% (tersalurkan). Program ini dari survei ADB (Asian Development Bank) dianggap paling tepat dan paling diminta pelaku usaha mikro yang terdampak (pandemi Covid-19),” kata Teten.

Menurutnya program itu bisa cepat terserap berkat dukungan berbagai pihak, seperti Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), koperasi, pemerintah daerah, serta kementerian/lembaga yang banyak melakukan program pendampingan UMKM.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pemerintah Jamin RUU Cipta Kerja Prioritaskan UMKM dan Pekerja

Teten mengakui masih banyak usulan dari berbagai daerah yang masuk ke Kementerian Koperasi dan UKM. Untuk itu, penyaluran Banpres Produktif tahun ini terus dilanjutkan hingga 12 juta pelaku usaha mikro.

“Jadi, minggu ini pun kita sudah mulai menyalurkan untuk 3 juta (pelaku usaha mikro) berikutnya,” lanjutnya.

Penyaluran Banpres ini, kata Menkop UKM, juga akan memfokuskan pada aspek pemerataan antardaerah, ketepatan sasaran, dan kecepatan sehingga diharapkan dapat membantu memulihkan ekonomi nasional.

Baca Juga: Siap-Siap! UMKM di Cimahi Bakal Dapat Pelatihan Membuat Masker dan Hand Sanitizer

Teten juga menyampaikan bahwa hingga saat ini penyaluran program ini sudah tepat sasaran karena proses validasi data yang cukup ketat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x