Aturan Bagasi Penumpang Whoosh, Ukuran, Berat Maksimal dan Barang yang Dilarang Masuk Kereta Cepat

- 3 April 2024, 11:30 WIB
Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh
Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh /Dok KCIC

PRFMNEWS – PT KCIC merilis aturan baru terkait ukuran, berat maksimal, hingga jenis bagasi atau barang bawaan yang boleh dan dilarang dibawa masuk oleh penumpang ke dalam Kereta Cepat Whoosh.

Aturan terkait bagasi penumpang Kereta Cepat Whoosh ini disosialisasikan KCIC menyambut masa arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi. Kebijakan ini diterapkan guna memastikan keselamatan perjalanan serta menjaga kenyamanan seluruh penumpang Kereta Cepat Whoosh.

Terkait jumlah dan ukuran barang bawaan, General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, setiap penumpang Kereta Cepat Whoosh hanya boleh membawa bagasi sebanyak tiga barang.

Adapun dimensi maksimal barang bawaan ini yaitu 100 cm x 30 cm x 40 cm dengan berat total maksimal 20 kilogram (kg). Tiga barang yang diizinkan dibawa masuk ke kabin kereta cepat, imbuhnya, bisa berupa dua koper atau dus dan satu ransel atau tas tangan.

Baca Juga: Alasan Tiket Penumpang Whoosh Akan Diperiksa Petugas KCIC Secara Acak Saat di Dalam Kereta

"Pengaturan ini kami lakukan untuk memastikan penumpang dapat tetap bergerak secara nyaman dan leluasa saat berpindah dari ruang tunggu, ke x-ray hingga ke kereta Whoosh. KCIC juga berupaya memastikan seluruh penumpang mendapatkan kenyamanan yang sama saat membawa barang," kata Eva, Selasa 2 April 2024.

Eva menambahkan, aturan dimensi bagasi tersebut dikecualikan untuk beberapa jenis barang, yaitu alat olahraga berupa alat golf dan pancing yang disimpan di dalam tas; alat transportasi pribadi berupa sepeda lipat, skuter lipat, dan sepeda biasa dalam keadaan tidak utuh yang diberikan penutup.

Kemudian, alat musik yang diperbolehkan yaitu yang dapat dijinjing dan dibungkus, serta alat bantu jalan berupa kursi roda manual, tongkat jalan dan kereta bayi.

Selama masa sosialisasi, lanjut Eva, penumpang Whoosh yang kedapatan membawa barang tidak sesuai ketentuan akan diberikan edukasi dan imbauan terkait ketentuan bagasi tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x