Lokasi dan Spesifikasi Stasiun Jatake, Stasiun KRL Baru di Kawasan BSD City Tangerang

- 3 April 2024, 11:00 WIB
Acara peletakan baru pertama pembangunan Stasiun Baru Jatake, Sabtu, 30 Maret 2024.
Acara peletakan baru pertama pembangunan Stasiun Baru Jatake, Sabtu, 30 Maret 2024. /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/Antara

PRFMNEWS – PT KAI (Persero) dan Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk. bekerja sama membangun stasiun KRL baru di Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pembangunannya merupakan bagian dari pengembangan konsep TOD (Transit Oriented Development) untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dengan memaksimalkan penggunaan transportasi umum massal.

Lokasi Stasiun Jatake berada di KM 37+045 Rute Tanah Abang-Rangkas Bitung tepatnya antara Stasiun Cicayur dan Stasiun Parung Panjang. Pembangunan stasiun KRL baru ini juga merupakan langkah konkret komitmen perusahaan dalam mentransformasikan BSD City menjadi integrated smart digital city dengan peningkatan konektivitas melalui transportasi kereta dan angkutan publik lainnya.

Stasiun Jatake dibangun di atas lahan seluas 2.435 m2 yang dibangun sejak Januari 2024. Pembangunan ditargetkan selesai dan mulai beroperasi untuk naik dan turun penumpang KRL Commuter Line pada pertengahan tahun 2025.

Baca Juga: Kemenhub Siapkan Stasiun Manggarai untuk Keberangkatan Kereta Mudik Lebaran 2024 dari Jakarta

Di area lahan tersebut akan dibangun gedung stasiun kereta dengan luas bangunan ± 3.000 m2 (3 lantai). Desain Stasiun Jatake mengadaptasi gaya modern tropis dengan tata ruang yang fungsional dirancang oleh Arkonin yang merupakan biro arsitektur terkemuka.

Arsitektur gedung Stasiun Jatake mengadaptasi beberapa instrumen bangunan hijau seperti sirkulasi udara yang alami di zona publik dan penggunaan panel surya untuk efisiensi penggunaan listrik.

Pembangunan gedung Stasiun Jatake dimaksimalkan dalam tiga lantai yang ditujukan untuk area aktivitas penumpang kereta, zona komersial, dan area kantor PT KAI. Panjang peronnya 250 meter dengan lebar masing-masing peron 6 meter. Di sisi luar bangunan, terdapat fasilitas gedung parkir untuk mobil, motor, dan sepeda.

Keberadaan Stasiun Jatake juga akan memudahkan akses ke Hiera, kawasan seluas 108 hektare. Diproyeksikan sebagai "Heartland of BSD City", kawasan Hiera saat ini berada dalam tahap pembangunan infrastruktur serta pengembangannya menerapkan konsep keberlanjutan lingkungan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x