Fix! Tak Jadi Daftarkan 15 Juta Orang, BPJAMSOSTEK Serahkan 12,4 Juta Data Final Calon Penerima BSU

- 1 Oktober 2020, 18:06 WIB
Ilustrasi. Bantuan BLT Subsidi Gaji Tahap 4 sudah cair ke 1,2 juta penerima. Cek namamu di link ini.
Ilustrasi. Bantuan BLT Subsidi Gaji Tahap 4 sudah cair ke 1,2 juta penerima. Cek namamu di link ini. /ADENG BUSTOMI/ANTARA FOTO

PRFMNEWS - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) sampai akhir September 2020 telah menyerahkan total 12,4 juta data final calon penerima subsidi gaji yang berhak menerima bantuan subsidi upah (BSU) kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan pemberian subsidi gaji kepada 15,7 juta pekerja dengan pendapatan di bawah Rp5 juta. Namun, BSU akhirnya akan diserahkan kepada 12,4 juta orang sesuai dengan data yang terakumulasi sampai batas akhir pengumpulan pada akhir September.

"Hingga saat ini jumlah rekening di BPJAMSOSTEK berhasil kita kumpulkan sebanyak 14,8 juta. Dari rekening yang masuk tersebut kita lakukan validasi secara berlapis, akhirnya kita mendapatkan data 2,4 juta tidak valid," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dalam konferensi pers vitual soal BSU di Jakarta pada Kamis.

Baca Juga: Cara Dapat Kuota Gratis dari Pemerintah, Penuhi Sejumlah Syarat Ini

Dilansir prfmnews.id dari ANTARA, proses validasi yang dilakukan secara bertahap itu menemukan dari 2,4 juta data rekening yang tidak valid sekitar 1,8 juta orang tidak memenuhi syarat mendapatkan subsidi upah dan 600.000 orang gagal melakukan konfirmasi ulang.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri sudah menyerahkan 12,4 juta data tersebut kepada Kementerian Ketenagakerjaan dengan telah diserahkan 615.288 data calon penerima untuk gelombang terakhir penyerahan tahap V pada 29 dan 30 September 2020, setelah sebelumnya 11,8 juta data sudah diserahkan untuk pencairan tahap I-IV.

Baca Juga: INFO ORANG HILANG: Lusiana Hilang Sejak Kamis 24 September 2020 Lalu

Terkait penyerahan sendiri, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan setelah melakukan kecocokan data untuk tahap V maka subsidi gaji itu akan diproses untuk disalurkan langsung ke rekening pekerja.

Sejauh ini, BSU sudah disalurkan kepada sekitar 10,7 juta orang dalam penyaluran tahap I sampai IV untuk termin pertama subsidi upah bulan September dan Oktober. Masing-masing penerima BSU berhak menerima Rp600.000 per bulan selama empat bulan yang penyalurannya dibagi dalam dua termin.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Antara


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x