Uang Rp75.000 Bisa 'Nyanyi' Indonesia Raya, BI Beri Penjelasan Seperti Ini

- 28 September 2020, 11:25 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto saat menunjukan uang peringatan kemerdekaan 75 (UPK75) Rp75.000 di Kantor Perwakilan BI Jabar, Jalan Braga Kota Bandung, Selasa 18 Agustus 2020.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto saat menunjukan uang peringatan kemerdekaan 75 (UPK75) Rp75.000 di Kantor Perwakilan BI Jabar, Jalan Braga Kota Bandung, Selasa 18 Agustus 2020. /Rizky Perdana/PRFM

PRFMNEWS - Di media sosial, banyak warga yang mengunggah video jika uang baru pecahan Rp75.000 bisa 'bernyanyi' jika di-scan dengan aplikasi Ivive yang memiliki fitur augmented reality (AR).

Kepala Divisi Pembayaran dan Pengedaran Uang Rupiah (SP PUR) BI Perwakilan Jabar, Syafii menjelaskan, Bank Indonesia tidak mengedarkan uang dengan spesifikasi bisa nyanyi saat di-scan. Bahkan, Peruri selaku pencetak uang pun tidak menambahkan fitur itu.

"Kalau dari spesifikasi uang yang diterbitkan Bank Indonesia itu tidak ada fitur AR yang ditanamkan di situ. Dan Peruri tidak memasukan fitur ini pada uang rupiah. Jadi spesifikasi uang itu ciri-cirinya tidak bisa nyanyi kalau di-scan pakai aplikasi Ivive atau AR yang lainnya," ungkap Syafii saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin 28 September 2020.

Baca Juga: Top 10 K-Pop Paling Banyak Streaming di Spotify

Dijelaskan Syafii, untuk nyanyian yang muncul pada uang saat di-scan aplikasi Ivive, itu adalah video yang muncul dari aplikasi Ivive, bukan dari uangnya.

"Gambar uang itu difungsikan sebagai objek marker istilahnya. Nah di dalam objek marker itu ada objek lain yang ditanamkan dalam objek marker sehingga objek marker kalau di-scan akan muncul objek marker lainnya, kebetulan yang dijadikan objek marker itu uang Rp75.000 dan objek lainnya itu lagu Indonesia Raya," jelasnya.

Baca Juga: Cari Kontak Kapolsek Tegal Selatan, Ganjar Pranowo Ingin Sampaikan Rasa Simpati Atas Pencopotannya

Syafii menambahkan, uang Rp75.000 sebetulnya tidak bisa bernyanyi. Hanya saja gambar uang Rp75.000 itulah yang dijadikan objek marker sehingga bisa menampilkan lagu Indonesia Raya saat di-scan dengan aplikasi Ivive.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 107.5 PR FM Radio (@prfmnews) on

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x