Bagaimana Jika Peserta Didik Tak Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis? Ini Caranya Biar Tetap Cair

- 25 September 2020, 18:15 WIB
Bantuan kuota data internet tahun 2020
Bantuan kuota data internet tahun 2020 /Kemendikbud

PRFMNEWS - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan, bantuan kuota internet gratis bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen mulai dibagikan bulan ini. Bantuan kuota internet gratis ini akan diberikan selama 4 bulan kedepan guna mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi.

Mekanisme pemberian bantuan kuota internet gratis diawali dengan pendataan dan verifikasi nomor ponsel. Kedua, Kemendikbud melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel oleh operator seluler. Ketiga, penerbitan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). Sedangkan tahap terakhir, pemutakhiran nomor ponsel.

Jika pendidik dan peserta didik belum menerima bantuan, Nadiem meminta agar segera melapor kepada pimpinan satuan pendidikan untuk mendapatkan bantuan kuota belajar gratis dengan menyampaikan nomor ponsel yang akan didaftarkan dan segera mengecek ke operator sekolah atau kampus untuk memastikan nomor telah terdaftar dan aktif.

Baca Juga: Alhamdulillah, Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud Mulai Disalurkan Bulan Ini

“Saya meminta masyarakat untuk tidak khawatir karena seluruh pendidik dan peserta didik akan mendapatkan bantuan karena penyaluran dilakukan secara bertahap dan masa berlaku terhitung sejak bantuan kuota belajar diterima,” ujar Mendikbud, Jum'at 25 September 2020.

Perlu diketahui teknis bantuan kuota internet gratis untuk bulan pertama, tahap pertama bantuan kuota diberikan pada 22-24 September 2020, disusul tahap kedua pada 28-30 September 2020. Kuota berlaku 30 hari terhitung sejak diterima oleh nomor ponsel.

Untuk bulan kedua, bantuan kuota internet gratis diberikan pada 22-24 Oktober 2020 untuk tahap I, 28-30 Oktober 2020 untuk tahap II yang berlaku selama 30 hari terhitung sejak diterima nomor ponsel. Sedangkan untuk bulan ketiga dan keempat, tahap I diberikan pada 22-24 November dan tahap II pada 28-30 November 2020 yang berlaku selama 75 hari sejak diterima nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Baca Juga: Ini Jadwal dan Cara Daftar Dapatkan Kuota Internet Gratis Bagi Pelajar, Mahasiswa, Guru, dan DosenBaca Juga: Soal Subsidi Kuota Internet untuk Guru Dan Siswa, Disdik Kota Bandung Tunggu Petunjuk Teknis

Bantuan kuota internet gratis yang diberikan pemerintah terdiri dari dua jenis, yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum berarti yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, sedangkan kuota belajar berarti yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran dengan daftar yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Sekretariat Kabinet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x