Pentingnya Manajemen Keuangan yang Baik Bagi Pelaku UMKM

- 23 September 2020, 17:11 WIB
Iim Dewi Mulyani Kepala Bidang Perdagangan Regional dan Luar Negeri, Dinas Perdagangan dan Industri Kota Bandung dalam acara Pelatihan Manajemen Keuangan untuk Pelaku UMKM bertajuk "Serbabisa Kelola Keuangan" yang diselenggarakan di Aula Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika No. 77 Bandung, Rabu 23 September 2020. /Dok Pikiran Rakyat.

PRFMNEWS - Data BPS menujukan bahwa pada 2018, jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 64,2 juta orang.

Jumlah tersebut menandakan hampir 99,9 persen unit usaha yang ada di tanah air adalah menegah ke bawah.

Selain itu pelaku UMKM terbukti telah menyerap 97 persen lapangan kerja dan berkontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran Prakerja Gelombang 10 Belum Ada, Baiknya Lakukan Ini Untuk Mudahkan Pendaftaran

Kendati demikian, masih banyak pelaku usaha kecil dan menengah yang belum memiliki manajemen keuangan yang baik. Padahal, peran pengusaha kecil dan menengah tak dapat dilepaskan dari roda perekonomian Indonesia. Sebab, para pengusaha kecil dan menengah berperan untuk menopang perekonomian dalam negeri.

Ketua Prodi Manajemen FPEB UPI Dr. Heny Hendrayati mengatakan, masih banyak pelaku UMKM yang bahkan tidak memisahkan antara harta pribadi dan usaha. Hal itu membuat usahanya tak berjalan dengan mulus.

Selain itu, banyak pula yang tidak melakukan pencatatan transaksi secara rutin karena kurangnya sumber daya. Beberapa pelaku usaha masih menggunakan cara-cara tradisional dalam hal pencatatan keuangan mereka.

"Bahkan, ada juga yang laporan keuangan sederhana pun tidak," ujar Heny dalam acara Pelatihan Manajemen Keuangan untuk Pelaku UMKM bertajuk "Serbabisa Kelola Keuangan" yang diselenggarakan di Aula Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika No. 77 Bandung, Rabu 23 September 2020.

Baca Juga: CEK FAKTA: Anak-anak Tidak Bisa Jadi Penderita Kolesterol Tinggi?

Padahal, lanjut Heny, manajemen keuangan bukan hanya mengenai pengelolaan uang kas, tetapi juga mencakup bagaimana mengelola kekayaan untuk menghasilkan keuntungan dan manfaat bagi usaha yang sedang dijalankan.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X