Uji klinis Tahap 2 Vaksin Covid-19 Buatan Genexine Korea Selatan Dilakukan Oktober di Indonesia

- 22 September 2020, 13:41 WIB
Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin. /PRFM

PRFMNEWS - Di tengah uji klinis vaksin covid-19 buatan Sinovac, China, uji klinis pun akan dilakukan terhadap calon vaksin covid-19 buatan perusahaan asal Korea Selatan Genexine Inc.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, uji klinis terhadap vaksin buatan Genexine Inc ini merupakan uji klinis tahap dua. Rencananya uji klinis ini akan dilakukan pada Oktober mendatang.

“Uji klinis II akan dimulai Oktober di Indonesia,” kata Retno saat menyampaikan paparan pada Rapat Kerja Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dengan menteri luar negeri sebagaimana dikutip dari ANTARA, Selasa 22 September 2020.

 

Baca Juga: Sakit Kepala? Jangan Langsung Minum Obat! Anda Bisa Coba Makan Ini

Sejauh ini, pengembangan vaksin buatan Genexine telah mendekati akhir uji klinis tahap I yang berlangsung di Korea Selatan.

Genexine mengembangkan calon vaksin covid-19 yang disebut dengan GX 19 dan untuk uji klinis di Indonesia perusahaan itu menggandeng PT Kalbe Farma Tbk. Dua perusahaan itu pada 2017 telah membangun kerja sama pendirian perusahaan gabungan PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio), yang salah satu misinya mengembangkan obat-obatan dan vaksin.

GX 19 merupakan calon vaksin covid-19 yang dibuat oleh konsorsium sejumlah perusahaan, di antaranya Genexine sebagai koordinator, Binex, International Vaccine Institute (IVI), GenNbio, KAIST, dan POSTECH. Calon vaksin itu menggunakan material DNA yang bertujuan menciptakan antigen dalam sistem kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x