Sering Gunakan Masker Kain? Ini Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

- 21 September 2020, 09:28 WIB
Ilustrasi penggunaan masker kain.
Ilustrasi penggunaan masker kain. /PRFM

PRFMNEWS - Di tengah pandemi covid-19, pemerintah mewajibkan warga yang beraktivitas di luar rumah untuk senantiasa menggunakan masker. Tak perlu masker medis, warga diperbolehkan untuk mengggunakan masker kain.

Masker kain memang menjadi pilihan yang lebih praktis, karena Anda tidak perlu membeli masker berkali - kali, cukup dengan mencucinya, Anda bisa memakainya kembali.

Namun, yang perlu di ingat adalah pentingnya mencuci masker kain setelah dipakai. Karena dengan membersihkan masker bisa meminimalisir kemungkinan virus yang terpapar pada masker.

Baca Juga: Ini Jadwal dan Cara Daftar Dapatkan Kuota Internet Gratis Bagi Pelajar, Mahasiswa, Guru, dan Dosen

Tapi, seberapa seringkah Anda harus mencuci masker kain yang sudah dipakai?

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, praktisi klinik sekaligus relawan Covid-19, dr. Muhammad Fajri Adda’i menyarankan mencuci masker kain adalah setiap selesai dipakai.

Fajri pun merekomendasikan mencucinya dengan air panas atau klorin. Caranya, dengan merendam masker selama lima menit lalu bilas dengan air bersuhu kamar. Juga biarkan masker agar benar – benar kering sebelum dipakai kembali.

Selain itu, dr. Fajri juga menjelaskan cara melepas masker, yaitu dari arah belakang, lalu lipat masker dengan bagian dalam masker menghadap keluar, dan simpan di kantong khusus yang bersih.

Baca Juga: Viral di Media Sosial, BMKG Duga Dentuman di Jakarta Berasal dari Petir di Gunung Salak

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x