Viral di Media Sosial, BMKG Duga Dentuman di Jakarta Berasal dari Petir di Gunung Salak

- 21 September 2020, 08:54 WIB
ilustrasi dentuman/Sumber/Foto/Pikiran Rakyat
ilustrasi dentuman/Sumber/Foto/Pikiran Rakyat /

PRFMNEWS - Banyak warga Jakarta yang mengaku mendengar suara dentuman pada Minggu, 20 September 2020 malam kemarin. Warga pun banyak menanyakan terkait sumber dentuman tersebut.

Tak hanya itu, 'Dentuman' pun menjadi trending topic di twitter pada Senin 21 September 2020. Netizen banyak mempertanyakan sumber dentuman tersebut.

Terkait sumber dentuman itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menduga suara dentuman yang terdengar di sebagian wilayah Jakarta berasal dari aktivitas petir di sekitar kawasan Gunung Salak Bogor.

 

Baca Juga: Mau Berfoto dengan Latar Gunung Manglayang? Yuk Datang Saja ke KanHay Bike Park

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan pihaknya tak ingin berspekulasi soal asal muasal dari suara dentuman. Berdasarkan monitoring lightning detector waktu terjadinya dentuman bertepatan dengan aktivitas petir yang terjadi di kawasan Gunung Salak sekitar pukul 19.00-21.00 WIB.

"BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur," ujar Daryono Minggu 21 September 2020 sebagaimana diberitakan ANTARA.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 9, Mudah dan Bisa dari HP

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x