Alat Test Covid-19 Terbaru Dapat Berikan Hasil Akurat Hanya Dalam 90 Menit

- 20 September 2020, 13:44 WIB
Ilustrasi alat tes Covid-19.*/Pixabay.com
Ilustrasi alat tes Covid-19.*/Pixabay.com /

PRFMNEWS - Seorang profesor di Imperial Collage London, Inggris, baru saja mengembangkan alat tes Covid-19 terbaru. Jenis pemeriksaan baru itu disebut dengan DnaNudge.

Dilansir dari ANTARA, tes ini diklaim dapat memberikan hasil akurat tanpa membutuhkan uji laboratorium. Bahkan dapat memberikan hasil pemeriksaan yang singkat, yakni dalam waktu 90 menit.

Tes ini berbeda dengan rapid test dan swab test. Untuk mengetahui seseorang terjangkit Covid-19, DnaNudge menggunakan DNA dalam pengujiannya.

Baca Juga: Link Live Streaming Laga Big Match Chelsea vs Liverpool di Mola TV Bisa Diakses di Sini

Dalam jurnal The Lancet Microbe, DnaNudge memiliki tingkat keberhasilan sampai 94,4 persen untuk mengetahui mereka yang terjangkit Covid-19 dan 100 persen akurasi untuk mereka yang tidak terjangkit virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

“Hasil tersebut menunjukkan CovidNudge (nama lain DnaNudge) dapat digelar di dekat pasien tanpa memeriksa lebih lanjut sampel (di laboratorium) dan akurasi tes dapat dibandingkan dengan uji laboratorium standar,” kata Profesor Graham Coke, Kepala penelitis test DnaNudge.

Baca Juga: Kasus Corona Melonjak, Garut Terapkan PSBM di Sejumlah Wilayah

Sejak April 2020, DnaNudge telah memperoleh izin pakai dari Badan Pengawas Obat-Obatan dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA).

Menurut jurnal yang diterbitkan The Lancet, pemeriksaan dengan tes DnaNudge ini membutuhkan sampel yang diperoleh dari usapan di area dalam hidung.

Baca Juga: Soal Warga yang Botram di Depan Pasar Baru Bandung, Satpol PP: Kita Sudah Berikan Imbauan

Sementara itu, juru bicara perusahaan yang memproduksi alat tes DnaNudge mengungkapkan bahwa tiap kotak alat tes dapat memeriksa satu sampel dalam satu waktu yang sama.

Maka, setidaknya alat tes tersebut dapat memeriksa setidaknya 16 orang dalam sehari.*** (Dhea Amellia/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x