Ini Strategi Kemnaker Cegah Klaster Baru di Perkantoran

- 4 September 2020, 07:36 WIB
Menaker Ida Fauziah dalam Rapat Bersama Komisi IX DPR Rabu 26 Agustus 2020.*
Menaker Ida Fauziah dalam Rapat Bersama Komisi IX DPR Rabu 26 Agustus 2020.* /Kemnaker.go.id

PRFMNEWS - Kementerian Ketenagakerjaan terus melakukan upaya pencegahan dan pemutusan rantai penularan pandemi Covid-19, khususnya di lingkungan perkantoran.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan pengawasan secara langsung ke beberapa pabrik, kawasan industri, pusat perbelanjaan, beberapa hotel, dan sebagainya. Menaker Ida melihat ada kesadaran dari pelaku usaha untuk menaati protokol kesehatan di tempat kerja.

"Kesadaran yang sama juga sama juga ditunjukkan oleh para pekerja. Pemeriksaan rapid tes pada hari ini menunjukkan kesadaran itu. Kesadaran bahwa penangan dan pencegahan pandemi covid-19 adalah tanggungjawab kita bersama," ujar Menaker Ida, Selasa 1 September 2020.

Baca Juga: Layanan SIM Keliling Kabupaten Bandung Hari Ini Berlokasi di Taman Kota Baleendah

Dilansir prfmnews.id dari laman resmi Kemenaker, selain sosialisasi dan pengawasan langsung protokol kesehatan seperti yang dilaksanakan di Magelang, dalam sambutannya, Menaker Ida menyatakan pihaknya telah merumuskan tujuh strategi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja.

Pertama, pencegahan Covid-19 di perusahaan dan tempat kerja. Kedua, penyusunan pedoman perencanaan keberlangsungan usaha. Ketiga, penyusunan panduan kembali bekerja.

Keempat, perlindungan pekerja dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada kasus Covid-19 akibat kerja. Kelima, peningkatan pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan. Keenam, peningkatan kolaborasi dengan stakeholder. Ketujuh, melakukan sosialisai dan publikasi melalui Posko K3 Corona, portal sistem pelayanan K3 (Teman K3) serta melalui media sosial.

Baca Juga: Jadwal TV Hari Ini Jumat 4 September 2020: FTV, Sinetron, Drakor: Hyde, Jekyll, Me

Menurut Menaker Ida, dengan kesadaran pencegahan pandemi di tempat kerja, produktivitas usaha dan pekerja akan berangsur pulih, dan perekonomian nasional juga berangsur normal.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Kemenaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x