Ganjar Pranowo Sebut Semburan Lumpur di Blora Bukan karena Ulah Manusia

- 28 Agustus 2020, 15:24 WIB
PVMBG Jelaskan Soal Semburan Lumpur Hitam Gemparkan Warga Blora.*
PVMBG Jelaskan Soal Semburan Lumpur Hitam Gemparkan Warga Blora.* /



PRFMNEWS – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut semburan lumpur di Wisata Geologi Kesongo di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Randublatung, Dukuh Sucen, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jateng, bukan karena ulah manusia.

“Sudah dilakuan pengecekan oleh SDM (ahli geolog) kami, bahwa semburan lumpur ini bukan karena ulah manusia, melainkan faktor alam,” ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 28 Agustus 2020.

Ganjar melanjutkan, fenomena semburan lumpur di kawasan KPH Randublatung hampir sama dengan di Bledug Kuwu, Kecamatan Grobogan, Jateng. Bahkan, semburan lumpur di kawasan KPH Randublatung juga pernah terjadi pada 2013 silam.

Baca Juga: Update 28 Agustus: Nol Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Hanya di Kecamatan Nagreg

Menurutnya, fenomena semburan lumpur disebabkan kandungan mineral yang sangat kaya di wilayah Jateng.

“Sebelumnya ada kejadian serupa di daerah Grobogan. Sekarang sudah jadi tempat wisata. Kalau beberapa tempat lain di Jateng, ada yang menyemburkan air,” imbuhnya.

 

 

Adapun terkait adanya 4 orang yang jadi korban keracunan gas semburan lumpur di kawasan KPH Randublatung, kata Ganjar, telah kembali ke rumah masing-masing setelah mendapat pertolongan medis.

“Mereka sudah pulang setelah 1 jam perawatan di puskesmas. Sepertinya saat semburan terjadi itu keluar gas, dan gas terhirup oleh warga setempat dan menyebabkan pusing dan mual,” ucap Ganjar.

Baca Juga: Novel Baswedan Dinyatakan Positif Covid-19 Usai Jalani Tes Swab

Sementara hingga Jumat 28 Agustus 2020 pukul 13.00 WIB, Ganjar menyatakan tidak ada letupan susulan yang terjadi di lokasi semburan lumpur yang berada di kawasan Randublatung.

Seperti diketahui, kawah lumpur panas Kesongo di kawasan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Randublatung, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah menyembur dahsyat, Kamis, 27 Agustus 2020 pagi.

Kejadian ini terekam kamera smartphone warga setempat dan menjadi perbincangan di media sosial maupun pemberitaan media massa hingga kini.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x