SPS Mengawal Transformasi Bisnis Media untuk Bangkit Bersama

- 8 Juni 2023, 20:56 WIB
Ketua Umum SPS 2023 - 2023, Januar P. Ruswita
Ketua Umum SPS 2023 - 2023, Januar P. Ruswita /Dok SPS

PRFMNEWS - Menyambut usia ke-77 tahun, Serikat Perusahaan Pers (SPS) akan menggelar beberapa kegiatan di Bali, 13 - 14 Juli 2023.

Dibuka dengan Dialog Nasional bertajuk “Transformasi Bisnis Media untuk Bangkit Bersama”, dilanjutkan dengan kegiatan Rakernas. Ditutup dengan pemberian penghargaan untuk rekan-rekan media yang dianggap berhasil mengelola brand-nya di media sosial.

“Hari ini, 8 Juni 1946, SPS didirikan oleh tokoh-tokoh, pendiri perusahaan-perusahaan pers nasional. Dirgahayu ke-77 SPS. Terus mengawal industri media dengan entitas bisnis yang sehat dan entitas pers dengan produk jurnalistik berkualitas, bertanggung jawab, serta menjadi bagian pencerdas bangsa,” ujar Januar P. Ruswita, Ketua Umum SPS yang juga Direktur Pikiran Rakyat.

Baca Juga: ITB Investigasi Kasus Mahasiswa Meninggal dalam Kecelakaan Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Selain apresiasi untuk media, pada perayaan HUT ke-77, SPS juga akan memberikan penghargaan ke beberapa pemangku kepentingan perusahaan pers atas sumbangsihnya dalam merawat ekosistem media.

Tema besar yang diusung pada HUT ke-77 yakni “Transformasi Industri Media untuk Bangkit Bersama”, dalam konteks ini SPS menilai, transformasi dari media konvensional ke media digital ternyata tidak lagi cukup untuk bertahan apalagi bersaing.

Kehadiran Media Baru (New Media) telah mengubah struktur kompetisi bisnis media, mulai dari perubahan bentuk, pola organisasi, hingga sampai pada cara produksi, distribusi, dan mengkonsumsi media.

Baca Juga: Cara Cek Jadwal Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Jurnalis sebagai profesi yang sangat dekat dengan media baru, harus meningkatkan kompetensi dan kreativitasnya untuk dapat bersaing di media baru sesuai dengan karakteristiknya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x