Jumlah Perokok di Indonesia Meningkat, Didominasi Usia Anak dan Remaja

- 31 Mei 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi rokok.
Ilustrasi rokok. /PEXELS/Geri Pix

PRFMNEWS - Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah perokok terbanyak di dunia. Di Indonesia sekitar 71 persen perokok didominasi oleh kaum pria, hal tersebut berdasarkan penelitian dalam Visual Capitalist pada tahun 2022.

Tentu saja hal tersebut bukanlah hal yang membanggakan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI juga mengungkapkan jumlah perokok di Indonesia menunjukkan tren peningkatan dalam kurun 2013 hingga 2019. Peningkatan jumlah perokok terutama terjadi pada usia anak dan remaja.

"Indonesia dengan jumlah penduduk yang cukup besar merupakan pasar potensial bagi industri rokok," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu dalam konferensi pers Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2023, seperti dikutip PRFMNEWS dari ANTARA, 31 Mei 2023.

Baca Juga: Bandung Bebas Asap Rokok Makin Nyata, Pemkot Sebut 445 Lokasi Sudah Masuk Kategori KTR

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 prevalensi perokok pada usia 10 hingga 18 tahun berjumlah 7,2 persen, naik menjadi 9,1 persen pada 2018.

"Dalam kurun waktu lima tahun perokok usia anak dan remaja meningkat sekitar dua persen lebih. Kami tunggu hasil survei terbaru di 2023," katanya.

Jumlah itu sejalan dengan hasil survei dari Global Youth Tobacco pada 2019 bahwa peningkatan prevalensi perokok pada usia sekolah 13 sampai 15 tahun naik dari 18 persen jadi 19 persen.

Baca Juga: Negara dengan Persentase Perokok Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Urutan Berapa?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x