Tahun Depan BIJB Kertajati Diharapkan Bisa untuk Calon Haji Asal Jateng

- 29 Mei 2023, 08:46 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kelima kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) berbincang dengan jamaah calon haji saat penerbangan perdana di bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Minggu, 28 Mei 2023 malam.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kelima kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) berbincang dengan jamaah calon haji saat penerbangan perdana di bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Minggu, 28 Mei 2023 malam. /Antara Foto/Dedhez Anggara/



PRFMNEWS - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka disiapkan untuk calon jemaah haji asal Jawa Tengah bagian barat dan selatan.

Pada tahun ini, BIJB Kertajati memang difokuskan untuk keberangkatan calon jemaah haji asal Jawa Barat bagian utara. Kloter pertama sebanyak 374 calon jemaah haji embarkasi Kertajati-Indramayu telah diberangkatkan pada Minggu 28 Mei 2023.

"Tahun ini diprioritaskan untuk Jabar bagian utara, tapi nanti tahun depan bisa diskenariokan untuk Jateng bagian barat dan selatan," kata Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga: 374 Calon Jemaah Haji Berangkat dari Bandara Kertajati Malam Ini

Yaqut menyebut, lokasi Bandara Kertajati lebih dekat dengan Jawa Tengah sehinggga nantinya diharapkan dapat menampung jamaah calon haji dari daerah tersebut.

Jemaah asal Jateng bagian barat dan selatan kata Yaqut, terlalu jauh ketika harus berangkat dari Embarkasi Solo sehingga diharapkan skenarionya nanti bisa jalan, supaya Bandara Kertajati tidak hanya melayani warga Jawa Barat bagian utara.

"Bandara Kertajati ini bisa dimanfaatkan oleh warga lainnya, bukan hanya dari Jawa Barat bagian utara, namun bisa juga masyarakat Jawa Tengah," jelasnya.

Baca Juga: Daftar Maskapai dan Rute Penerbangan Selain AirAsia akan Terbang dari BIJB Kertajati, Ini Jadwalnya

VP Corporate Secretary PT BIJB Dian Nurrachman memaparkan, 374 orang ini merupakan kloter pertama calon jemaah haji asal Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) Subang dan Sumedang

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Antam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x