Green Energy, KAI Operasikan Sejumlah KA Ramah Lingkungan dan Ganti Bahan Bakar Lokomotif

- 26 Mei 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi- Perubahan jadwal Kereta Api Jarak Jauh per 1 Juni 2023, ini jam keberangkatan Kereta Api Argo Wilis, Airlangga, Purwojaya hingga Ranggajati.
Ilustrasi- Perubahan jadwal Kereta Api Jarak Jauh per 1 Juni 2023, ini jam keberangkatan Kereta Api Argo Wilis, Airlangga, Purwojaya hingga Ranggajati. /Tangkap layar Instagram.com/@kai121_

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkomitmen mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus mendukung pemerintah dalam pencapaian target emisi nol pada tahun 2060.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PT KAI melakukan berbagai aksi nyata antara lain mengganti bahan bakar lokomotif, mengoperasikan kereta api ramah lingkungan, penggunaan panel surya di stasiun dan perkantoran.

Selain itu, sejumlah jajaran PT KAI juga telah menggunakan mobil dinas listrik, menggalakkan program penanaman pohon yang masif, serta kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang lingkungan hidup.

Baca Juga: Menteri PUPR Instruksikan Tol Cisumdawu Bisa Beroperasional Penuh Juni Nanti

“KAI berkomitmen memberikan manfaat yang maksimal melalui layanan kereta api, baik manfaat langsung yang dapat dirasakan oleh pelanggan berupa layanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu maupun manfaat tidak langsung bagi masyarakat berupa peningkatan kualitas udara dan berkurangnya beban jalan raya,” kata EVP of Corporate Secretary Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Untuk bahan bakar kereta api mengusung green energy, saat ini KAI telah menggunakan Biosolar B30 yang berarti 30 persen dari campuran tersebut terdiri dari bahan bakar berasal dari sumber nabati atau organik, seperti dari minyak kelapa sawit, jarak, ataupun dari beragam bahan organik lainnya.

Biosolar B30 ini memiliki emisi gas buang yang lebih rendah, sehingga dapat membantu mengurangi polusi udara. Bahkan di beberapa titik di Sumatera KAI sudah menggunakan Biosolar B35 yang berarti tingkat ramah lingkungannya lebih tinggi.

Baca Juga: Nindy Ayunda Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Terkait Kasus Penyembunyian Dito Mahendra

Di samping itu, KAI terus melakukan penghijauan di seluruh stasiun, lingkungan kantor, dan aset-aset perusahaan lainnya agar kualitas udara yang semakin baik berdampak pada kualitas hidup yang makin baik pula.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x