Luhut Yakin di Indonesia Tak Akan Ada Gelombang Dua Penyebaran Covid-19

- 13 Agustus 2020, 16:53 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. /- Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.

PRFMNEWS - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, saat mudik lebaran dan dibukanya kembali tempat wisata di Indonesia, penyebaran covid-19 di Indonesia masih tetap terkendali. Oleh karena itu dia meyakini tak akan ada gelombang dua atau second wave penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Saya sebenarnya sangat takut waktu selesai Lebaran. Bagaimana pun suka tidak suka yang pulang kampung kan banyak, tapi Alhamdulillah terkendali. Kemudian, (reaktivasi wisata) Bali. Bali tidak terjadi apa-apa. Jadi saya sih optimis kita tidak ada second wave," katanya dalam Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional Apindo secara daring, Kamis 13 Agustus 2020

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, meski meyakini tak akan ada gelombang dua penyebaran covid-19 di Indonesia, Luhut sebut pemerintah telah memiliki rencana cadangan jika nantinya terjadi gelombang kedua penyebaran covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Update 13 Agustus 2020: Konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bandung Bertambah 18 Kasus

Belum lagi dengan semakin berkembangnya pengobatan herbal yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mencegah penularan covid-19.

Ia menambahkan penanganan Covid-19 di Indonesia tidak bisa disamakan dengan penanganan di Singapura. Apalagi, karakteristik Singapura dengan Indonesia sangat berbeda jauh mulai dari jumlah populasi hingga kondisi daerah kumuh (slum area) di negara tersebut.

Baca Juga: Update 13 Agustus 2020, Total Konfirmasi Covid-19 di Indonesia Bertambah 2.098

"Memang kalau orang normal seperti membandingkan Singapura, enggak adil juga. Dia cuma 7 juta penduduk dan tidak punya slum area. Kita kan ada slum area, tapi Alhamdulillah juga, slum area kita tidak ada outbreak yang sampai tidak terkendali," ujar Luhut.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x