Jokowi Harapkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Selesai Dalam 6 Bulan

- 11 Agustus 2020, 21:00 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan melalui konferensi video untuk penanganan Covid-19 terintegrasi Provinsi Jawa Barat di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19, Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa, 11 Agustus 2020.
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan melalui konferensi video untuk penanganan Covid-19 terintegrasi Provinsi Jawa Barat di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19, Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa, 11 Agustus 2020. /Dok BPMI Setpres.



PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan, uji klinis tahap tiga vaksin Covid-19 bisa diselesaikan dalam 6 bulan ke depan.

Hal tersebut ia katakan saat menyaksikan secara langsung pelaksanaan penyuntikan perdana untuk imunisasi untuk 1.620 relawan, yang akan diujicobakan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) di Bandung, Jawa Barat, Selasa 11 Agustus 2020.

”Kita harapkan nanti di bulan, kalau di bulan Januari kita sudah bisa memproduksi dan sekaligus juga kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di tanah air,” tutur Jokowi saat memberikan keterangan pers di Gedung Eyckman, usai melakukan peninjauan Produksi Vaksin di Laboratorium Bio Farma, Bandung.

Baca Juga: Latihan Bersama Hari Kedua, Semua Kiper Persib Dalam Kondisi Prima

Produksi untuk vaksin Covid-19, kata Jokowi, juga dilakukan sendiri oleh Bio Farma yang pada bulan Agustus ini bisa memproduksi kurang lebih 100 juta vaksin.

”Tetapi nantinya di akhir tahun 2020, di bulan Desember sudah meningkat menjadi 250 juta vaksin. Artinya vaksin inilah nanti yang akan digunakan untuk vaksinasi di tanah air,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia telah 3 bulan ini mengembangkan vaksin sendiri dari isolat pengembangan dari Covid-19 yang beredar di Indonesia.

”Kita harapkan vaksin merah putih ini juga akan segera selesai dan diperkirakan ini akan bisa diselesaikan nanti di pertengahan tahun 2021,” imbuhnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x