Sudah Ada 800 Orang yang Daftarkan Diri Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

- 7 Agustus 2020, 19:44 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19 /.*Dok PRFM

PRFMNEWS - Sebanyak 800 orang telah mendaftarkan diri untuk menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 di Kota Bandung. Selanjutnya, para pendaftar tersebut akan mengikuti pemeriksaan awal oleh tim uji klinis vaksin Covid-19 untuk dipastikan memenuhi syarat.

Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19, dari Fakultas Kedokteran Unpad, Rodman Tarigan mengatakan, relawan akan segera dikabari mengenai jadwal untuk melakukan pemeriksaan awal sebelum penyuntikan vaksin.

"Dalam data terbaru yang kami terima, sudah ada 800 orang. Tapi perlu digaris bawahi, ini masih calon, belum tentu menjadi memenuhi syarat saat uji klinis," katanya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 7 Agustus 2020.

Baca Juga: 163 Daerah yang Masuk Zona Kuning Diperbolehkan Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Selain jadwal pemeriksaan, lanjut Rodman, data identitas relawan akan dirahasiakan selama proses uji klinis vaksin Covid-19. Setelah pemeriksaan awal, para relawan akan disuntik vaksin Covid-19 untuk dosis pertama. Dosis kedua vaksin Covid-19 akan kembali disuntikan ke tubuh relawan setelah 14 hari dari penyuntikan dosis pertama.

Rodman mengatakan, para relawan uji klinis vaksin Covid-19 akan dipantau selama 6 bulan sejak penyuntikan dosis pertama. Jika ada gejala sakit, relawan tersebut akan langsung mendapat perawatan instensif.

“Akan kami pantau kesehatannya selama 6 bulan ke depan, apakah ada sakit. Kalau sakit, akan dicek apakah karena infeksi biasa atau infeksi Covid-19. Kalau membutuhkan perawatan, kami akan lakukan perawatan,” ucapnya.

Baca Juga: Masih Zona Oranye, Pemkot Bandung Putuskan CFD, Pasar Kaget, dan Tempat Hiburan Belum Boleh Buka

Bagi warga Kota Bandung yang berminat untuk menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19, bisa menghubungi nomor telepon 022 203 4471 atau WhatsApp di nomor 0811 2214 235. Sebab tim penguji membutuhkan sekitar 1.620 relawan untuk uji klinis vaksin asal China tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x