Hati-hati! Kemenkes Ungkap Efek Samping Minum Oralit Tiap Sahur Bahaya Bagi Kesehatan Orang Puasa

- 30 Maret 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi - Dampak minum oralit saat sahur
Ilustrasi - Dampak minum oralit saat sahur /Dok: Hello Sehat Kementerian Kesehatan/

PRFMNEWS – Viral unggahan di media sosial menarasikan rutin minum oralit saat sahur bisa tidak haus dan mencegah tubuh orang puasa Ramadhan tidak lemas. Benarkah begitu faktanya?

Menjawab apa benar minum oralit saat sahur bisa mencegah haus dan badan lemas ketika puasa, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi memberi penjelasan.

Nadia mengatakan mengonsumsi obat oralit saat sahur dengan tujuan agar tidak cepat haus dan lemas adalah keliru alias tidak benar.

Baca Juga: Pimpinan DPRD Kota Bandung Ikut Razia Toko Miras Ilegal di Bulan Puasa

Menurutnya, minum oralit di luar indikasi penggunaan justru bisa memicu efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh orang yang sedang puasa.

Efek samping yang dapat muncul dari konsumsi oralit dalam pemakaian di luar peruntukan, terangnya, yaitu memicu perut kembung karena mengganggu gerakan usus di dalam tubuh.

"Oralit adalah larutan rehidrasi oral yang merupakan jenis obat untuk mengatasi orang diare atau muntah, yang bisa berakibat dehidrasi dan terganggu elektrolitnya," kata Nadia, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Bagaimana Hukumnya Tiba-Tiba Haid Pada ketika Puasa Kurang Satu Jam Lagi? Ustadz Abdul Somad Menjawab

Nadia memaparkan cairan oralit merupakan obat dengan kandungan natrium klorida, kalium klorida, trisodium sitrat dihidrat, dan glukosa anhidrat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x