PUPR Update Kesiapan Sejumlah Jalan Tol dan Nasional untuk Jalur Mudik 2023, Ada Cisumdawu-Japek II Selatan

- 29 Maret 2023, 13:45 WIB
Proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat.
Proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat. /Antara/M Ibnu Chazar/YU/pri./

PRFMNEWS – Kementerian PUPR mengupdate informasi kesiapan daftar jalan tol dan jalan nasional yang bisa digunakan untuk jalur mudik Lebaran 2023 di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali.

Melalui Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR juga melaporkan kesiapan bentuk dukungan kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan pada periode mudik Lebaran 2023 baik di jalan tol maupun nasional.

Update daftar jalan tol yang akan dibuka untuk jalur mudik Lebaran 2023 hingga bentuk dukungan kelancaran arus lalu lintas di jalan tol dan nasional diungkap dalam keterangan tertulis Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian di laman resmi Kementerian PUPR, Senin 27 Maret 2023.

Baca Juga: Menhub Jawab Kepastian Tol Cisumdawu Bandung-Kertajati Digunakan untuk Jalur Mudik 2023

Hedy Rahadian mengatakan, demi kesiapan dan kenyamanan pelayanan jalan tol maupun jalan nasional di tengah potensi peningkatan jumlah pemudik Lebaran 2023, PUPR terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti Kemenhub, Korlantas Polri, BMKG, BUJT, serta K/L lain yang terkait.

Kata Hedy, dari hasil koordinasi dan evaluasi, Kementerian PUPR menyiapkan dukungan kemantapan jalan, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, serta dukungan operasional manajemen lalu lintas.

Saat ini, jelasnya, kondisi Jalan Nasional di Pulau Jawa sepanjang 4.821 km terbagi atas Lintas Utara Jawa 1.192 km dengan kondisi mantap 92%, dan Jalan Lintas Pantai Selatan Jawa 1.543 km dengan kondisi mantap 93%.

Baca Juga: Jasa Marga Lakukan Konstruksi Tol Purbaleunyi Subuh, Demi Antisipasi Kemacetan

Untuk Jalan Tol di Pulau Jawa yang operasional sepanjang 1.716 km dengan TIP sebanyak 90 TIP (56 TIP A, 34 TIP B, dan 0 TIP C).

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x