Pemudik Tahun ini Diprediksi Mencapai 123 Juta Orang, Begini Persiapan dari Pemerintah

- 27 Maret 2023, 10:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi di Kantor Jasa Marga Km 70B Gerbang Tol Cikampek Utama pada Minggu, 19 Maret 2023 lalu. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai persiapan mudik lebaran 2023 yang diprediksi meningkat.
Menhub Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi di Kantor Jasa Marga Km 70B Gerbang Tol Cikampek Utama pada Minggu, 19 Maret 2023 lalu. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai persiapan mudik lebaran 2023 yang diprediksi meningkat. /Kemenhub/

PRFMNEWS - Pada lebaran tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik tahun ini mencapai 123 juta orang atau naik 47 persen secara nasional. Karena itu, pemerintah pun mulai melakukan berbagai persiapan demi kelancaran arus mudik-balik.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan, pihaknya bersama dengan Polri dan menteri lainnya sudah berkoordinasi untuk mengatur arus mudik balik tahun ini agar berjalan dengan baik,

“Kami bersama-sama dengan Kakorlantas Polri dan juga Menko PMK sudah berkoordinasi bagaimana me-manage mudik kali ini yang begitu signifikan,” ujarnya.

Baca Juga: Langkah Kemenhub untuk Antisipasi Lonjakan Penumpang dan Lalu Lintas Angkutan Laut

Dengan adanya prediksi peningkatan jumlah pemudik, Menhub pun menyoroti penggunaan sepeda motor sebagai moda transportasi mudil yang berdasarkan data dari Polri memiliki kerentanan kecelakaan paling tinggi.

Karena itu, demi mengurangi penggunaan motor untuk mudik, Kemenhub telah menyiapkan beberapa program mudik gratis dengan moda bus, kapal laut dan juga kereta api.

“Saya harapkan Kementerian lain dan swasta juga mengadakan mudik gratis minimal untuk kalangan mereka sendiri. Supaya apa? supaya tidak membebani apa yang kita programkan,” jelasnya.

Baca Juga: Menhub Jawab Kepastian Tol Cisumdawu Bandung-Kertajati Digunakan untuk Jalur Mudik 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x