Langkah Kemenhub untuk Antisipasi Lonjakan Penumpang dan Lalu Lintas Angkutan Laut

- 27 Maret 2023, 08:45 WIB
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak hari ini Sabtu, 30 April 2022.
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak hari ini Sabtu, 30 April 2022. /Chairul/Netizen PRFM

PRFMNEWS - Jelang masa mudik lebaran 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan berbagai macam antisipasi kepadatan di semua moda angkutan, termasuk pada moda angkutan laut.

Kemenhub telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk menghadapi lonjakan penumpang dan lalu lintas pergerakan angkutan laut pada masa angkutan lebaran 2023 yang akan terjadi pada April mendatang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta, Minggu kemarin memaparkan beberapa langkah antisipasi yang dilakukan pihaknya pada angkutan laut adalah dengan menyiapkan armada kapal penumpang di berbagai pelabuhan.

Baca Juga: Arus Mudik Tahun ini Diprediksi Meningkat, Kemenhub Lakukan Persiapan Sedini Mungkin

Disebutkannya, di Pelabuhan Tanjung Priok telah disiapkan 15 kapal penumpang dengan total kapasitas 16.767 orang untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut yang terjadi pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Kemudian melakukan uji petik (inspeksi keselamatan) pada kapal-kapal yang telah disiapkan, untuk memastikan kapal yang beroperasi dalam keadaan laik laut. Uji petik telah dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Samarinda, Surabaya, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Batam, Banyuwangi, Pelabuhan Palembang, serta Pelabuhan Belawan.

Selanjutnya menyiapkan fasiltias Command Center, salah satunya di Pelabuhan Tanjung Priok. Fasilitas ini akan menjadi pusat pengendalian operasi container dan non-container (multipurpose), termasuk pelayanan kapal.

Baca Juga: Luis Milla Pastikan Robi Darwis dan Kakang Rudianto Bisa Main Lawan Persija Sebelum Ikut TC Timnas U-20

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x