Bank Indonesia Sediakan 5.066 Titik Penukaran Uang Jelang Idul Fitri 1444 Hijriah

- 26 Maret 2023, 19:50 WIB
Ilustrasi penukaran uang dari Bank Indonesia (BI) tahun 1444 Hijriah
Ilustrasi penukaran uang dari Bank Indonesia (BI) tahun 1444 Hijriah /PIXABAY/iqbalnuril

PRFMNEWS - Bank Indonesia (BI) menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai 27 Maret – 20 April 2023.

Serangkaian layanan dan kegiatan pada periode tersebut terpadu SERAMBI 2023 (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) yang diluncurkan BI pada 20 Maret 2023.

Bank Indonesia bekerjasama dengan perbankan guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai saat bulan Ramadhan dan lebaran.

Baca Juga: VIDEO: Remaja Diduga Maling Kotak Amal Masjid di Cianjur Dikejar Warga hingga Naik ke Atap Rumah

Tahun ini terdapat kenaikan penyediaan uang tunai dari tahun lalu sebanyak 8,22% menjadi Rp195 Triliun.

Terdapat sejumlah opsi penukaran uang tunai yang telah disediakan, mulai dari kas keliling pusat keramaian, kas keliling susur sungai, kas keliling bersama dan Program BI Peduli Mudik 2023

Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi Pintar (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah).

Baca Juga: Pemotor Dimohon Hati-hati, Ada Jalan Berlubang Dekat Taman Segitiga Sangkuriang Kota Bandung

Setelah mendaftar dan memesan terlebih dahulu di Aplikasi Pintar, selanjutnya masyarakat bisa mendatangi lokasi sesuai jadwal yang tertera.

Meskipun bisa menggunakan uang tunai saat penukaran, BI mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x