THR Lebaran 2023 Dibayar Lebih Awal, Cek Lagi Aturan, Besaran, Sanksi Perusahaan Telat Beri ke Pekerja

- 26 Maret 2023, 15:30 WIB
THR Lebaran tahun 2023 ini lebih cepat cair
THR Lebaran tahun 2023 ini lebih cepat cair /Mohamad Trilaksono / Pixabay

PRFMNEWS – Pemberian tunjangan hari raya (THR) Lebaran Idul Fitri 2023 dari perusahaan ke pekerja diimbau dilakukan lebih awal, paling telat tanggal 18 April.

Pembayaran THR Lebaran 1444 H lebih cepat terakhir 18 April 2023 ini telah disepakati Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat rapat terbatas (ratas) bersama jajaran menterinya di Istana Negara, Jumat 24 Maret 2023.

Terkait THR Lebaran , ada aturan mencakup besaran, batas waktu pemberian, hingga sanksi bagi perusahaan yang telat atau tidak membayarkan hak pekerjanya tersebut sesuai yang diatur oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Baca Juga: 10 Amalan Sunnah Bulan Ramadhan, Nomor 5 Terkesan Sepele Tapi Bisa Kurangi Pahala Puasa

THR Idul Fitri 2023 bersifat wajib diberikan pengusaha kepada para tenaga kerjanya. Ini sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah maupun surat edaran yang diterbitkan menteri ketenagakerjaan terkait pemberian THR keagamaan.

Untuk aturan rinci terkait pemberian THR Lebaran 2023 memang belum keluar surat edaran berkenaan dengan hal tersebut, seperti yang setiap tahun diterbitkan oleh menteri ketenagakerjaan.

Berkaca pada 2022, Menaker Ida Fauziyah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tertanggal 6 April yang mengacu pada PP No. 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan juncto Permenaker No. 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Baca Juga: Bingung Mau Bikin Menu Apa untuk Berbuka Puasa? Cobain Resep Sop Bakso Sederhana Satu Ini

Dalam SE tersebut ditegaskan perusahaan wajib membayar THR Idul Fitri ke pekerjanya paling lambat 7 hari sebelum pelaksanaan hari raya keagamaan yang dimaksud.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x