Zulhas Jamin Harga Pangan Stabil saat Masuki Ramadan 1444 H, Stok Minyakita Juga Aman

- 23 Maret 2023, 08:00 WIB
Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan.
Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan. /Budi Satria/prfmnews

PRFMNEWS - Kenaikan harga selalu menjadi isu menjelang Ramadhan. Sejumlah barang pokok diketahui secara konsisten mengalami lonjakan pada satu bulan sebelum umat muslim melakukan ibadah puasa.

Lantas, bagaimana respons pemerintah menanggapi wacana kenaikan harga barang pokok menjelang Ramadan tahun ini?

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin harga bahan pangan pokok stabil memasuki puasa Ramadhan 1444 H yang akan dimulai pada hari ini, Kamis 23 Maret 2023.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan dari Beras Hingga Minyakita

“Harga pangan, saya sudah keliling di Jawa Tengah, di mana-mana masih stabil, mudah-mudahan naiknya nggak banyak,” kata Zulhas anggilan akrab dari Zulkifli Hasan, seperti yang dikuti PRFMNEWS dari ANTARA.

Mendag menyebut harga bawang di kisaran Rp30 ribu per kilogram (kg), lalu harga daging ayam rata-ratanya sebesar Rp33-35 ribu per kg.

Zulhas juga mengatakan, Kemendag berupaya menjaga ketersediaan pangan terkendali selama bulan puasa dan Lebaran 2023. Pihaknya akan melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap bahan pangan dan pokok di berbagai daerah secara intensif.

Baca Juga: Satgas Pangan Polri Pantau Stabilitas Harga Bahan Pokok Menjelang Ramadhan

Tak hanya itu, Mendag juga menegaskan bahwa stok MinyaKita masih banyak di pasar-pasar tradisional. Pihaknya sengaja tak mendistribusikan minyak subsidi tersebut ke ritel modern maupun marketplace karena memang ditujukan bagi kalangan menengah ke bawah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x