Temui Sabil, Dedi Mulyadi: Dulu Kata ‘Maneh’ Adalah Panggilan Sayang Sampai Dikenal Jadi Judul Lagu

- 20 Maret 2023, 18:30 WIB
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menemui mantan guru honorer di SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon M. Sabil Fadhillah (34) yang viral karena berkomentar ‘maneh’ di Instagram (IG) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menemui mantan guru honorer di SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon M. Sabil Fadhillah (34) yang viral karena berkomentar ‘maneh’ di Instagram (IG) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. /Dedi Mulyadi/

PRFMNEWS – Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menemui mantan guru honorer di SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon M. Sabil Fadhillah (34) yang viral karena berkomentar ‘maneh’ di Instagram (IG) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Saat berbincang, Dedi Mulyadi menjelaskan bahwa penggunaan kata Sunda ‘maneh’ yang dalam Bahasa Indonesia berarti kamu pada masa dulu dan sekarang memiliki perbedaan.

Menurut Dedi Mulyadi, dulu kata ‘maneh’ dijadikan panggilan akrab dan penuh cinta kepada seseorang.

Baca Juga: Usai Tolak Kesempatan Jadi Guru Lagi di SMK Cirebon, Sabil Terima Tawaran Kerja Bareng Dedi Mulyadi

Bahkan, lanjut Dedi Mulyadi, sebelum mengenal kata sayang seperti sekarang, orangtua zaman dulu menggunakan ‘maneh’ untuk panggilan sayang pada pasangannya.

Tak heran, dulu kata ‘maneh’ menjadi popular hingga dijadikan judul lagu Sunda yang terkenal pada masanya.

“Makanya dulu ada penulis lagu Sunda judulnya ‘Potret Manehna’ ciptaan Nano S, itu terkenal tahun 87an. Mungkin bagi orang yang tidak tahu latar belakang seperti ini, orang Priangan, bisa jadi kalimat itu tidak sopan,” ucap Dedi Mulyadi.

Baca Juga: Usai Tolak Kesempatan Jadi Guru Lagi di SMK Cirebon, Sabil Terima Tawaran Kerja Bareng Dedi Mulyadi

Kemudian Kang Dedi menambahkan cerita saat masih menjabat Bupati Purwakarta, dia pernah dianggap tidak etis secara birokrasi sebab lebih memilih disebut ‘akang’ dibanding ‘bapak’.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x