Sekjen Kemendagri Dorong Jajaran Protokol Bangun Efisiensi dalam Menjalankan Tugas

- 17 Maret 2023, 09:40 WIB
Rapat Pembinaan Tata Keprotokolan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah Tahun 2023 di Novotel Gajah Mada, Jakarta, Kamis 16 Maret 2023.
Rapat Pembinaan Tata Keprotokolan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah Tahun 2023 di Novotel Gajah Mada, Jakarta, Kamis 16 Maret 2023. /Puspen Kemendagri

PRFMNEWS – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Suhajar Diantoro mendorong jajaran protokol baik di pusat maupun di daerah agar membangun prinsip efisiensi dalam menjalankan tugasnya.

Menurut Sekjen Kemendagri, kinerja protokol bakal lebih efektif apabila didukung dengan efisiensi yang merupakan bagian dari prinsip, proses, dan unsur manajemen.

“Unsur manajemen itu seperti perhitungan jumlah personel, kekurangan personel. Dalam menghitung jumlah personel lakukanlah secara efisien, kedua anggarannya, ketiga kelengkapan sarana,” papar Suhajar saat membuka Rapat Pembinaan Tata Keprotokolan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah Tahun 2023 di Novotel Gajah Mada, Jakarta, Kamis 16 Maret 2023.

Baca Juga: Kata Ridwan Kamil soal Kriteria Cawagub untuk Maju Bersama di Pilgub Jabar Periode Kedua

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro saat membuka Rapat Pembinaan Tata Keprotokolan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah Tahun 2023 di Novotel Gajah Mada, Jakarta, Kamis 16 Maret 2023.
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro saat membuka Rapat Pembinaan Tata Keprotokolan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah Tahun 2023 di Novotel Gajah Mada, Jakarta, Kamis 16 Maret 2023. Puspen Kemendagri

Dijelaskan Suhajar, dalam menerapkan prinsip manajemen perlu diikuti dengan adanya akuntabilitas serta efisiensi. Sebab implementasi dari efisiensi dapat mendorong kemajuan suatu organisasi. Hal ini pula yang terjadi di negara maju, di mana prinsip efisiensi menjadi aspek utama yang selalu dijalankan.

“Tolong terapkan efisiensi ini. Negara yang bisa lebih maju dengan negara yang tidak bisa lebih maju juga (dipengaruhi) soal efisiensi,” katanya.

Ditambah lagi, kata Suhajar, prinsip membangun efisiensi juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menekankan pentingnya mengubah pola pikir.

Baca Juga: Tolak Pemberantasan Bisnis Impor Pakaian Bekas, Adian Napitupulu Angkat Nama Pasar Cimol Gedebage

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x