Update Gunung Merapi Hari Ini Pasca Erupsi, Hari Ini 1 Kali Gempa Awan Panas

- 13 Maret 2023, 15:09 WIB
Erupsi Gunung Merapi pada 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB.
Erupsi Gunung Merapi pada 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB. /PVMBG Badan Geologi


PRFMNEWS - Aktivitas Gunung Merapi saat ini berstatus Level III atau Siaga pasca erupsi pada 11 Maret 2023.

PVMBG Badan Geologi mengimbau bagi warga daerah sekitar gunung Merapi mulai dari Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Yogyakarta diharap agar tetap siaga karena aktivitas gunung mulai masuk siaga III.

Selain itu, aktivitas gunung berapi hingga saat ini masih berupa guguran awan panas sehingga dapat menimbulkan kerugian jika warga sekitar masih melakukan kegiatan.

Baca Juga: Tiga Desa Dihujani Abu Vulkanik Erupsi Gunung Merapi

Ada baiknya agar masyarakat dihimbau untuk tetap berhati-hati serta waspada mengingat guguran lava meliputi sungai-sungai yang ada di sekitar gunung Merapi.

Update terbaru pada hari Senin, 13 Maret 2023 sudah terjadi satu kali gempa awan panas.

“1 kali gempa awan panas guguran dengan amplitudo 40 mm dan lama gempa 121.4 detik. 28 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-37 mm dan lama gempa 11.7-144.8 detik. 5 kali gempa Hybird/fase banyak dengan amplitudo 3-4 mm, S-P 0.4-0.5 detik dan lama gempa 59-73 detik,” tulis akun resmi @magmaindonesia.

Baca Juga: Kata BPPTKG Terkait Adanya Kilatan Cahaya Misterius Lintasi Gunung Merapi

Gunung Merapi sering kali menyemburkan guguran awan panas di setiap tahunnya, untuk itu masyarakat sekitar lebih baik untuk tidak melakukan kegiatan apapun karena sangat berpotensi dan menimbulkan bahaya.

Warga juga bisa lebih mewaspadai akan adanya hujan yang membawa abu vulkanik dan sangat berpengaruh bagi kesehatan masyarakat sekitar.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x