Luhut Binsar Pandjaitan Beberakan Alasan Pemerintah Kucurkan Subsidi untuk Pembelian Motor Listrik

- 7 Maret 2023, 12:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers mengenai pemberian subsidi pada Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Senin, 6 Maret 2023.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers mengenai pemberian subsidi pada Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Senin, 6 Maret 2023. /Menko Marves/

PRFMNEWS - Mulai 20 Maret 2023 mendatang, Pemerintah akan mulai menerapkan bantuan pemerintah untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sebagai langkah awal untuk meningkatkan keterjangkauan harga dan daya beli masyarakat terhadap kendaraan listrik yang lebih luas, serta memacu perkembangan industri otomotif energi baru.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, pemerintah berperan penting dalam mendorong suatu industri, dan untuk mengejar adopsi KBLBB di Indonesia, maka pemerintah menerapkan kebijakan yang pro terhadap program tersebut.

Pemberian subsidi pada pembelian kendaraan listrik diharapkan dapat menstimulus pasar kendaraan listrik terlebih sudah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program KBLBB.

Baca Juga: Asik! Pemerintah Kasih Subsidi Beli Motor Listrik Rp7 Juta per Unit di Tahun ini

Luhut menegaskan, dengan menggencarkan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai akan mendorong keberlanjutan alam dengan mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain itu, hal ini juga akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja dan pendapatan negara.

“Saat ini kita sedang bangun industri baterai, tentunya akan mendorong penciptaan lapangan kerja baru dan menaikkan pendapatan negara kita,” tutur Luhut Senin, 6 Maret 2023.

Dalam paparannya, Luhut pun mengambil contoh dari kondisi Norwegia yang saat ini menjadi world’s top-selling electric vehicle market per kapita dan pengalaman negara-negara lain yang mendorong adopsi KBLBB dengan berbagai bantuan pemerintah.

Baca Juga: Ini Upaya yang Dilakukan Pemprov Jabar untuk Ajak Warga Gunakan Kendaraan Listrik

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x