Kini Warga Bisa Beli Tiket Kapal Penyeberangan Secara Online Melalui “Ferizy”

- 26 Juli 2020, 09:38 WIB
Menhub, Menteri BUMN dan Menteri Parekraf saat meresmikan layanan pembelian tiket berbasis online “Ferizy” di Terminal Eksekutif Merak, Provinsi Banten, Sabtu (25/7/2020). *Setkab.go.id
Menhub, Menteri BUMN dan Menteri Parekraf saat meresmikan layanan pembelian tiket berbasis online “Ferizy” di Terminal Eksekutif Merak, Provinsi Banten, Sabtu (25/7/2020). *Setkab.go.id /

PRFMNEWS - Pemerintah meresmikan layanan pembelian tiket kapal penyeberangan (ferry) berbasis online “Ferizy” di Terminal Eksekutif Merak, Provinsi Banten, Sabtu (25/7/2020).

Ferizy sendiri merupakan layanan tiket berbasis online yang dapat diakses oleh pengguna jasa melalui website www.ferizy.com atau aplikasi di ponsel. Sejak diterapkan mulai 1 Mei 2020 di 4 pelabuhan utama ASDP, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk, antusiasme pengguna jasa ferry yang membeli tiket online melalui Ferizy terus meningkat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, peningkatan layanan melalui digitalisasi mau tidak mau harus dilakukan agar masyarakat semakin merasa aman dan nyaman menggunakan jasa transportasi publik seperti kapal penyeberangan.

Baca Juga: Mulai 27 Juli 2020 Warga Tidak Pakai Masker Kena Denda, DPRD : Kita Tidak Mencari Untung

Menurut Menhub, hal ini telah menjadi perhatiannya sejak lama mengingat sering terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang khususnya di masa Angkutan Lebaran, Natal-Tahun Baru, dan hari besar lainnya.

“Apa yang sudah kita nantikan bersama dalam rangka meningkatkan layanan angkutan penyeberangan akhirnya bisa diwujudkan. Dengan pembelian tiket secara online, masyarakat kini bisa membeli tiket jauh-jauh hari dan dapat merencanakan perjalanannya dengan baik. ASDP pun dapat memprediksi jam-jam puncak, sehingga kepadatan dapat dihindari,” jelas Menhub dilansir dari laman Sekretariat Kabinet.

Berdasarkan data Juni-Juli, rata-rata transaksi di 4 pelabuhan pada hari biasa (weekday) sebanyak 20.000 transaksi per hari, sedangkan pada akhir pekan (weekend) sebanyak 21.000 transaksi per hari.

Baca Juga: Setelah Absen Cukup Lama, Hengky Kurniawan Kembali Jadi Saksi Pernikahan Warga

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan Ferizy merupakan bagian dari program digitalisasi ASDP yang dapat mengubah culture pengguna jasa penyeberangan untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket secara online.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x